Takbiran dan Salat Ied #DiRumahSaja

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengimbau warga agar melaksanakan takbiran dan salat Ied atau Idul Fitri 1441 H di rumah saja. Imbauan itu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang dikeluarkan Forkopimda, MUI dan FKUB Kota Bogor.

“Kami melarang masyarakat untuk menggelar takbiran keliling dan meminta masyarakat solat Ied dirumah masing-masing,” kata Wakil Walikota, Dedie A Rachim kepada Metropolitan, Sabtu (23/5).

Menurutnya, imbauan yang dikeluarkan melalui SKB ini merupakan tindak lanjut dari adanya Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tanggal 13 Mei 2020 tentang panduan Kaifiat Takbir dan Sholat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19 dan keputusan Wali Kota Bogor Nomor 900.45-340 Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Kedua Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam penanganan Coronavirus Disease 19 (Covid-19) di Kota Bogor.

Selain itu, sambungnya, adanya Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor  443/Kep.274-Hukham/2020 tanggal 19 Mei 2020 tentang PSBB Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam rangka Percepatan Penanggulangan Covid-19, yang isinya sebagaimana penyampaian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bahwa PSBB dilanjutkan dengan skala proporsional sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, sesuai dengan status keadaan tertentu darurat bencana yang ditetapkan BNPB dan Status Tanggap Darurat Bencana Nonalam Pandemi Covid-19 di Daerah Provinsi Jawa Barat, sebagaimana sebelumnya dikeluarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 443/Kep.207-Hukham/2020.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Kota Bogor, H Ade Sarmili, menjelaskan keputusan bersama ini bukan untuk menghalangi umat untuk ibadah, baik salat Idul Fitri atau menutup tempat ibadah. Melainkan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang dapat membahayakan umat nantinya.

“Kami khawatir kalau kemudian klaster ibadah disamakan dengan klaster lain. Terus terang saja kami bersedih dengan ketidakpatuhan masyarakat ke pasar, mal, restoran dan perkumpulan lainnya,” katanya.

Untuk itu, H Ase Sarmili berharap salah satu ikhtiar Pemkot Bogor ini bisa memutus penyebaran Covid-19 dan surat ini sebagai himbauan agar warga bisa memahami kondisi saat ini.

“Mudah-mudahan Allah SWT mengangkat wabah ini dan semoga kita diberikan kekuatan untuk melewati semuanya dan menjadi pemenang. Hilangkan nafsu, hilangkan emosional dan hilangkan kemarahan karena kita akan menghadapi hari kemenangan. Mari kita sambut dengan gegap gempita, bertakbir di rumah masing-masing, tidak harus berkeliling,” pungkasnya.(dil/b/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *