Tiga TPU di Kota Bogor Jadi Pemakaman Khusus Covid-19

by -

METROPOLITAN – Pe­merintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan tiga Tem­pat Pemakaman Umum (TPU) sebagai lahan pemakaman untuk korban meninggal Covid-19. TPU tersebut ya­kni Situgede, Kayumanis dan Gununggadung.

Kepala Unit Pelaksana Tek­nis Daerah (UPTD) Pema­kaman Kota Bogor Toto Gunarto mengatakan, peny­ediaan pemakaman dilaku­kan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk aki­bat virus corona.

Toto merinci bahwa TPU Situgede dengan luas lahan 43.654 meter persegi terisi 108 makam. Alokasi Covid-19 sebanyak kurang lebih 2.000 meter persegi dengan daya tampung 500 liang lahad. Saat ini yang telah terisi te­ridentifikasi Covid-19 seba­nyak 49 makam. Kedua di TPU Kayumanis dengan luas lahan 26.986 meter per­segi terisi 368 makam.

Alokasi Covid-19 kurang lebih 1.000 meter persegi dengan daya tampung 250 liang lahad. Saat ini yang telah terisi terindikasi Co­vid-19 sebanyak 18 makam. Ketiga di TPU Gununggadung (nonmuslim). Persediaan sepuluh liang lahad dan baru terisi satu liang lahad.

Toto mengatakan, TPU ter­sebut bisa digunakan secara gratis mulai dari pengurusan jenazah hingga proses pe­makamannya. “Untuk pema­kaman Covid-19 tidak dip­ungut biaya apa pun atau gratis,” katanya, Kamis (28/5).

Menurutnya, hingga kini jumlah yang meninggal menggunakan protokol Co­vid-19 di Kota Bogor ada 69 jenazah yang sudah dima­kamkan dan satu jenazah dikremasi di Kabupaten Bogor. “Terhitung 27 Maret sampai 21 Mei ada 62 jena­zah. Kemudian dari 21 hing­ga 27 Mei ada tujuh jenazah dan satu jenazah dikremasi di Kabupaten Bogor,” katanya.

Saat proses pemakaman ada petugas khusus dari UPTD yang melakukan pe­makaman. Pihak keluarga boleh melihat langsung pro­ses penguburan dengan syarat protokol pemakaman Covid-19 ketat dan menjaga jarak. (ayb/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *