Tirta Pakuan Anjurkan Pelanggan Pakai Simotip

by -

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menganjurkan pelanggannya menggunakan aplikasi SIMOTIP untuk melaporkan angka stan meter airnya mulai Juni 2020. Aplikasi ini sudah bisa diunduh atau diperbarui di smartphone berbasis Android.

DIREKTUR Umum Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan melalui Manajer Humas dan Pelayanan Pelanggan, Sonny Hendarwan, menjelaskan aplikasi SIMOTIP sudah banyak digunakan pelanggan untuk keperluan Baca Meter Mandiri sejak awal bulan ini.

“Awal Mei lalu sudah kita publish, salah satunya untuk mempermudah pelaporan angka stan meter mendiri di rumah-rumah pelanggan. Kita perbarui sistemnya agar lebih mudah dimanfaatkan masyarakat, terutama untuk mendukung social distancing mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Bogor,” kata Sonny, Selasa (19/5).

Cara menggunakannya cukup mudah, pelanggan tinggal mengunduh atau menginstal SIMOTIP di Playstore, kemudian mengaktifkannya melalui email. Sistem akan meminta nomor pelanggan dan nomor meter untuk bisa masuk ke menu utama. Nomor pelanggan dan nomor meter umumnya tertera dalam struk pembayaran yang biasa didapat pelanggan saat membayar di loket Tirta Pakuan.

“Lalu bagaimana jika pelanggan yang biasa bayar di luar loket pembayaran? Simplel, nomor pelanggan juga tertera di seluruh cara pembayaran. Nomornya ada delapan digit, misalnya 1234-5678. Sedangkan nomor meter ada di fisik bodi meter masing-masing pelanggan. Berwarna putih melingkar sekitar meter utamanya,” jelas Sonny.

Ia menambahkan, nomor meter tertera tahun pemasangan dan nomor serinya. Untuk melaporkan nomor meter, pelanggan hanya menulis dua nomor terakhir tahun pemasangan dan nomor serinya. “Misalnya tahun pemasangannya 2017, nomor serinya 123456. Berarti yang dilaporkan nomor meternya 17123456,” beber Sonny.

Ia mengaku banyak menerima informasi kesulitan pelanggan saat mengaktifkan SIMOTIP. Biasanya karena pelanggan tidak memasang tanda penghubung (-) pada nomor pelanggannya. “Sebetulnya tertulis di alur aktivasinya, mohon diberikan tanda penghubung. Misalnya 1234-5678. Kalau sudah tertera, sistem akan langsung menginformasikan aktivasi berhasil,” tambahnya.

Setelah aktivasi selesai, pelanggan bisa membuka fitur LAPOR METER untuk melaporkan angka stan meternya. Pelanggan tinggal menulis nomor stan meter yang berwarna hitam, lalu melampirkan foto stan meternya. Jika seluruh alurnya lengkap, sistem akan mengonfirmasi laporan selesai.

Sonny menyarankan pelanggan untuk menghubungi Call Center di nomor 0251-8324111 dan WA 0811182123 jika kesulitan melakukan aktivasinya. “Kami siap membantu 24 jam jika pelanggan memerlukan bantuan,” tegasnya.

SIAGA RAMADAN

Menyambut libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tetap berada pada posisi siap siaga mengantisipasi gangguan yang tidak terduga. Seluruh petugas dari Departemen Produksi, Perawatan hingga Transmisi dan Distribusi diarahkan cepat tanggap saat ada gangguan yang menghambat pasokan air bersih ke pelanggan.

“SOP-nya seperti itu. Ketika ada gangguan, misalnya seperti beberapa hari lalu, ada laporan air baku Sungai Cisadane sangat keruh. Operator Sumber dan Pengolahan berkoordinasi dengan petugas pengaliran untuk mengantisipasi kemungkinan ada penurunan debit air bersih di reservoir. Jika reservoir tidak pada kondisi optimal, maka tekanan air bersih ke pelanggan tidak akan maksimal,” kata Sonny.

Begitupula di bagian Transmisi dan Distribusi. Ketika ada laporan pipa bocor atau tersumbat, tim harus cepat memperbaiki dan mengatur sistem pengaliran. Pelanggan diupayakan tidak mengalami gangguan dalam tempo yang lama. Ia mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melaporkan gangguan pengaliran melalui aplikasi SIMOTIP maupun Call Center. Begitu pula saat menemukan kemungkinan ada pipa bocor di jalan-jalan atau jaringan pipa di dalam rumah. (ogi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *