Volume Sampah Lebaran Tembus 540 Ton

by -

METROPOLITAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor mencatat ada 540 ton sampah yang berhasil diangkut selama malam tak­biran dan Idul Fitri 1441 Hij­riah. Volume sampah ini berhasil diangkut dari pasar-pasar tradisional yang ada di wilayah Kota Hujan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Deni Wismanto mengatakan, sejak malam Hari Raya Idul Fitri (malam takbiran, red) kemarin, rata-rata armada berhasil mengangkut 15 ku­bik sampah. Sampah tersebut berasal dari Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor.

”Secara keseluruhan, ar­mada kita memang dipusat­kan di sini (pasar, red). Jadi kita ada 120 armada memang sebagian keliling kota dulu ke wilayah, tetapi setelah mereka kembali ke sini. Jadi bergantian. Sekarang me­reka di sini (pasar, red) ada 15 armada, termasuk dua loader,” katanya.

Ia menyebut sejak malam takbiran kemarin rata-rata 120 armada membawa 15 kubik sampah pasar. ”Mungkin kalau ditotal, ada sekitar se­ribu kubik lebih sampah yang dihasilkan, mulai dari malam takbiran sampai Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya.

Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Bogor Dimas Tiko mengatakan, tak hanya ar­mada yang dimaksimalkan, pihaknya juga memaksimal­kan petugas pengangkut sampah dan penyapu jalan. ”Kita juga maksimalkan pe­tugas yang ada,” jelasnya.

Dimas menjelaskan untuk di pasar sebanyak 500 petu­gas kebersihan disiagakan, baik sebelum Hari Raya Idul Fitri maupun sesudah. ”Ka­lau di kawasan Pedati dan Lawang Seketeng, kita sia­gakan seratus personel, 25 truk, dua alat berat dan enam armada pikap,” beber­nya. (ogi/b/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *