Agen BPNT Perluasan Diminta Koordinasi dengan TKSK

by -

METROPOLITAN.id – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) diberi tugas oleh Kementrian Sosial (Kemensos) untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial, seperti dalam hal penyaluran.

Namun nyatanya, peran TKSK kerap dilewatkan, seperti yang terjadi di Kecamatan Bojonggode. Agen Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Perluasan dinilai kurang koordinasi dengan TKSK.

Seperti halnya di wilayah Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Di sana, terdapat agen penyalur Bantuan Perluasan Sembako (BPS), namun tidak berkoordinasi dengan TKSK Bojonggede. Hal ini diungkapkan Asep Suhana, TKSK Bojonggede.

Di wilayah Susukan, lelaki yang karib disapa Cepoy ini ikut memantau penyaluraan BPS oleh agen Mandiri, Minggu (28/6). Ada 219 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah tersebut

Cepoy menjelaskan, bansos tersebut memang tidak merata didapatkan seluruh warga di wilayah desa tersebut.

“Untuk saat ini kendala kami sebagai TKSK, khususnya dalam penyaluran BPS Mandiri yaitu kurangnya koordinasi pihak Agen Bank Mandiri dengan TKSK, dan ini sangat di sayangkan,” kata Cepoy, Minggu (28/6).

Padahal, ia selaku TKSK sudah melakukan monitoring dan melakukan evaluasi untuk menghidari segala hal yang tidak diinginkan.

“Sebetulnya hanya tinggal komunikasi yang baik, tentu agar data dapat sesuai dan singkron. Tapi nyatanya agen bentukan Bank Mandiri tidak begitu,” ujarnya.

Di lain hal, selain pemantauan BPS, TKSK juga ikut serta dalam penyaluran Bantuan Bupati (Banbup) Bogor dengan masing-masing KPM di Desa Susukan mendapatkan sembilan KPM.

Ia menceritakan, sebagai ujung tombak penyaluran bansos, sedari awal sejak mencuatnya wabah Covid-19, pihaknya bekerja siang dan malam. Baik dari kegiatan penyemprotan, meminta data untuk usulan bantuan, termasuk memverivikasi.

“Sampai saat ini kami masih terus melaporkan ke tingkat pemeriksa mulai dari inspektorat, Irjen, BPK Provinsi dan KPK untuk setiap kegiatan yang berlangsung,” paparnya.

“Ke depan saya juga berharap agar agen bentukan Bank Mandiri dapat mengajak untuk koordinasi agar setiap bantuan berjalan lancar di semua tahapan bantuannya,” pungkasnya. (yos/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *