Babinsa Kawal Penyaluran Bantuan Rp600 Ribu

by -

Sebanyak 360 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, berkategori miskin menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap kedua

DANA sebesar Rp600 ribu diberikan kepada warga yang terdampak Covid-19. Kades Cipicung, Eli Suherli, mene­rangkan, penyaluran BLT DD tahap dua ini berdasarkan hasil dari validasi Badan Per­musyaratan Desa (BPD).

Setelah disetujui, pemdes langsung menyalurkan ke KPM untuk mencegah pe­motongan bantuan, baik oleh pemdes, RT/RW atau lem­baga lain. ”Target penyaluran BLT DD ini untuk kategori miskin/rentan miskin, belum terdata, keluarga sakit me­nahun dan putus mata pen­caharian. Dalam penyaluran­nya sengaja didampingi atau dipantau Babinsa, BPD, RT/RW dan LPM, pihak kecama­tan untuk mencegah tidak terjadinya pemotongan,” tegasnya.

Ia menjelaskan, BLT DD ini berbeda dengan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Sebab, BLT DD di­berikan langsung berupa uang tunai kepada keluarga penerima.

“Alhamdulillah saat ini Desa Cipicung sudah bisa merealisasikan penyaluran BLT DD tahap dua. Totalnya ada 368 KPM yang menerima untuk Juni 2020. Semoga penyaluran ini bisa mem­bantu meringankan beban masyarakat terdampak pan­demi Covid-19,” harapnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *