Banprov untuk Desa Jambuluwuk Cair

by -

METROPOLITAN – Langkah awal pengalokasian dana Bantuan Provinsi (Banprov) senilai Rp130 juta di Desa Jambuluwuk layak mendapat apresiasi. Tahapan pertama berupa sosialisasi dan koor­dinasi dengan masyarakat telah ditempuh Sabtu (30/5).

Musyawarah yang dihadiri tokoh dan perangkat desa itu disaksikan langsung pendam­ping desa dan pihak Keca­matan Ciawi. Dalam rapat itu, Kepala Desa (Kades) Jambuluwuk, Mulyana, mem­beberkan jumlah dana yang diterima dan pengalokasian­nya.

Mulyana menjelaskan, jum­lah uang yang diterima ada­lah Rp130 juta. Anggaran ini dibagi ke beberapa pos peng­eluaran. Di antaranya untuk posyandu, uang pulsa untuk RT dan RW (sapa warga) dan pembangunan infrastruktur rehab kantor desa.

”Pihak Pemdes Jambuluwuk telah menerima anggaran tersebut dan sudah dimu­syawarahkan dengan masy­arakat yang diwakili tokoh masyarakat serta perangkat desa. Insya Allah, infrastruk­tur juga akan dikerjakan ma­syarakat sekitar,” ungkapnya. Dengan pengerjaan langsung oleh warga, maka akan mun­cul rasa memiliki, sehingga pekerjaan tidak asal jadi dan tak terkesan buang-buang anggaran. Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegia­tan (TPK), Dadan, menutur­kan, rencana pembangunan kantor desa itu mencakup pelebaran ruang kerja ke­pala desa dan ruang rapat (aula). Pembangunan ini dilakukan dengan menyesu­aikan anggaran senilai Rp70 juta. ”Kalau aula diperlebar, nantinya bisa digunakan warga untuk hajatan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk ruang ke­pala desa akan diperbesar demi kenyamanan bekerja. ”Semoga bisa memberikan rasa nyaman bagi kepala desa bekerja dan tamu yang datang juga merasa nyaman pula,” jelasnya. (ash/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *