Bernama Guci, Tampung Produk Pedagang Pasar sampai Olshop

by -

Selama pandemi Covid-19, aktivitas yang mengharuskan interaksi fisik harus dikurangi. Termasuk urusan berbelanja sembako dan kebutuhan lain. Kondisi itu menginspirasi kelahiran sebuah aplikasi bernama Guci. Aplikasi karya pemuda asli dari Kecamatan Cileungsi.

DIALAH Syaeful Anwar. Pendiri sekaligus owner dari aplikasi Guci. Nama Guci merupakan singkatan dari Gerai UMKM Cileungsi. Ia mengatakan, aplikasi ini diciptakan untuk masyarakat agar dapat berbelanja dengan mudah dan hemat tanpa perlu harus keluar rumah. ”Cukup melalui smartphone, para pembeli tinggal pilih kebutuhan lalu memesan dan kurir kami siap mengantar­kan,” kata pria yang akrab disapa Kang Ipul itu.

Selain memudahkan be­lanja, aplikasi ini pun meny­ediakan fitur bagi para pe­dagang atau pengusaha yang berada di wilayah kecamatan Cileungsi untuk menitipkan dagangannya secara gratis ke dalam aplikasi Guci ter­sebut.

Aplikasi Guci yang baru diluncurkan pada 17 Juni 2020 itu bisa diunduh melalui link https://instal.id/gucileung­si. Aplikasi berlaku untuk semua pengguna Android dan Iphone secara gratis.

Ia juga menjelaskan, peny­edia layanan bekerja sama dengan para pedagang di Cileungsi mulai dari pedagang pasar, pedagang online shop (olshop), pedagang rumahan, petani dan sejumlah agen barang dalam menyediakan barang-barang kebutuhan pembeli. Semua barang ter­sebut dikemas rapi sebelum dikirim ke pembeli dengan jasa kurir yang disiapkan.

”Ini contoh nyata dari pelaksanaan industri 4.0 pada Usaha Mikro Kecil Me­nengah (UMKM). Selain itu juga sejalan dengan harapan pemerintah agar pelaku usaha UMKM tidak kalah saing dengan pasar modern,” pungkasnya. (mbt/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *