Blusukan ke Kampung Siaga, Ingatkan Warga Pakai Masker

by -

Melakukan pencegahan terhadap potensi penularan virus corona memerlukan peran serta masyarakat secara menyeluruh. Tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap perang melawan Covid-19, menjadi bagian penting guna memutus mata rantai wabah ini. Hal ini pun disadari Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Parung.

CAMAT Parung, Yudi San­tosa, aktif menggelar silatu­rahmi pribadi atau blusukan ke sejumlah tempat dan sarana publik di Kecamatan Parung.

Yudi menuturkan, kun­jungan tersebut sebagai ben­tuk apresiasi dan dukungan moril terhadap warga Keca­matan Parung yang terus kompak melaksanakan pro­tokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dari sembilan Desa Siaga Covid-19 di Kecamatan Parung, terdapat 53 Kampung Siaga Covid-19 dengan struk­tur lembaga dan kepengu­rusannya dibentuk masyara­kat bersama pemerintah desa. Pengurus Kampung Siaga Covid-19 memiliki tu­gas untuk terus menyosiali­sasikan pencegahan penye­baran Covid-19 kepada ma­syarakat. “Makanya peran aktif mereka sangat pantas diapresiasi dan didukung,” ujar Yudi.

Selain memberikan du­kungan moril, Yudi berusaha memberikan bantuan masker, hand sanitizer dan cairan disinfektan yang diberikan secara gratis. Hal ini dilaku­kan bukan hanya saat ber­kunjung ke beberapa kampung siaga, tapi juga ketika men­gunjungi berbagai pusat ke­giatan publik seperti masjid, mal, pasar dan lainnya.

Upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 harus melibatkan masyarakat luas. Berbagai upaya, seperti peng­gunaan masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak fisik dan menghindari kerumunan, terus disosialisasikan.

“Itulah makna new normal, tatanan baru kehidupan di tengah masyarakat. Sehing­ga perilaku budaya hidup bersih dan sehat menjadi kebutuhan semua orang,” pungkasnya. (khr/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *