Boleh Buka, Pusat Perbelanjaan Jangan Naikkan Harga

by -
Ilustrasi

METROPOLITAN.id – Pusat perbelanjaan di Kota Bogor yang siap beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan dipersilakan buka kembali.

Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mewanti-wanti pusat perbelanjaan, supermarket atau mal yang sudah buka tidak menaikkan harga barang dan siap dengan protokol kesehatan.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 44 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama satu bulan ke depan.

“Pusat perbelanjaan yang sudah siap silakan beroperasi, dengan catatan mereka sudah siap. Kalau pengelola sudah siap, sampaikan ke kami konsepnya. Jika memungkinkan, kita keluarkan izinnya,” kata Bima Arya, Senin (8/6).

Menurutnya, saat ini ada beberapa sektor yang telah diperbolehkan buka, asalkan melakukan pengetatan. Seperti mengutamakan pemesanan barang secara daring dan wajib menggunakan masker.

“Termasuk melakukan deteksi dini suhu tubuh karyawan dan pengunjung dan selalu menerapkan jaga jarak 1-2 meter,” terangnya.

Bima menjelaskan, pembukaan pusat perbelanjaan tidak akan dilakukan secara serentak. Operasional disesuaikan dengan kesiapan persyaratan yang telah ditetapkan.

Sejauh ini, Bima mengaku baru satu mal yang mengajukan izin untuk buka. Sementara yang lain masih menyiapkan protokol kesehatan.

“Kami sudah rumuskan bersama para pengelola pusat perbelanjaan dan terpenting kesiapan penerapan protokol kesehatannya. Saya harap juga pelaku usaha tidak menaikkan harga,” pungkas Bima. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *