Disdik Siapkan Empat Jalur PPDB Online

by -

METROPOLITAN – Jelang pelaksanaan Penerimaan Pe­serta Didik Baru (PPDB) dengan sistem online yang akan dilaksanakan pada Ka­mis (18/6), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor memper­siapkan empat jalur peneri­maan siswa baru PPDB. Di antaranya jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur zonasi dan ja­lur perpindahan orang tua.

Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin, mengatakan, untuk mempermudah orang tua siswa mendaftarkan anaknya, ia telah menyiapkan empat website dalam PPDB. Se­hingga orang tua siswa bisa memi­lih sesuai kondisi anak dan keluarganya.

Untuk PPDB tingkat SMP, sambung Fahrudin, akan dibuka pada Kamis (18/6) hingga pekan pertama Juli 2020. “PPDB online untuk tingkat SMP kami buka per­tengahan Juni hingga awal Juli. Sementara PPDB tingkat SD mulai dibuka 8 Juni,” ka­tanya.

Untuk persentase kuota PPDB online tahun ini memang berbeda dengan tahun sebe­lumnya. Paling banyak adalah jalur zonasi, karena kuota penerimaan sebanyak 55 per­sen. Untuk kuota jalur pre­stasi dan afirmasi masing-masing 20 persen. Sedangkan kuota untuk jalur perpindahan orang tua hanya 5 persen.

“Walaupun pendaftaran PPDB melalui aplikasi online, sistem zonasi tetap jadi prio­ritas. Mereka daftar ke apli­kasi yang sudah kami siapkan. Sedangkan untuk menginput data dibantu pihak sekolah asal,” sambung pria yang akrab disapa Fahmi itu.

Ketika ditanya soal ren­cana aktivitas kegiatan belajar mengajar bagi siswa baru usai PPDB, tambah Fahmi, bukan berarti sekolah akan dibuka pada Juli. Pihaknya tetap mengikuti arahan dan kebijakan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Melaksanakan KBM dalam kondisi pandemi seperti se­karang tentu sangat berisiko. Menjaga keamanan dan kese­hatan para siswa, nampaknya proses ini akan dilakukan bertahap. Sebab, keselamatan para siswa yang lebih utama,” pungkasnya. (ber/ar/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *