Gunung Munara Jadi Tempat Mendaki Murah Meriah

by -

METROPOLITAN – Ungkapan kecil-kecil cabe rawit paling pas untuk menyebut Gunung Munara. Ukuran gunung yang jadi tempat wisata Bogor ini tak begitu tinggi namun menguras tenaga untuk sampai ke atasnya. Berlokasi di Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, wisata Bogor ini cocok untuk traveler yang suka mendaki. Ketinggian Gunung Munara hanya mencapai 1.119 Mdpl, namun benar-benar menguras tenaga, karena medannya yang terjal dan berbatu.

Pada awal pendakian cukup menyenangkan, pendaki akan melewati rumah-rumah warga dan jembatan sungai, perjalanan masih landai. Tetapi setengah jam kemudian jalannya menjadi terjal. Walau berjarak satu sampai dua jam untuk sampai puncak, nantinya akan menemukan jalanan landai di Gunung Munara. Tanjakan yang terjal dan berbatu bisa diibaratkan tanjakan setan di Gunung Gede usahanya sama-sama harus melangkah lebih jauh dan tinggi. Hal yang lebih ekstrem adalah saat mendekati puncak, ternyata puncaknya merupakan tebing yang lebih curam, saking curamnya disediakan tali tambang. Perlu kehati-hatian, saat sampai puncak pun jangan pecicilan karena tempatnya yang begitu sempit dan terbatas.

Warga sekitar, Mulya, mengaku pemandangan dari puncak sangat eksotis, hutan yang dilewati terlihat, sawah-sawah, rumah-rumah warga, danau dan tebing. “Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Jakarta. Ditambah biaya masuk juga murah, hanya Rp10.000 dan parkir Rp5.000,” katanya. (dtk/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *