Gunungputri Jadi Kampung Tangguh

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor Ade Yasin bersama Ka­polres Bogor AKBP Roland Ronaldy dan Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Sukur Hermanto mengukuhkan Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, sebagai Kampung Tangguh Lodaya 2020, kemarin. Kampung Tangguh itu meru­pakan suatu rintisan program Polri dalam pencanangan wi­layah perdesaan yang siap dan tangguh dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

Desa Tangguh Lodaya meng­acu pada empat aspek faktor ketangguhan, yakni tangguh informasi, tangguh keamanan, tangguh kesehatan dan tangguh sosial ekonomi (ketahanan pangan). “Kampung Tangguh di Desa Gunungputri yang kami kukuhkan hari ini memi­liki empat aspek faktor ketan­gguhan dalam pencegahan serta penanggulangan Co­vid-19,” kata Roland Ronaldy.

Seperti diketahui dari laporan Gugus Tugas Kabupaten Bogor bahwa sebelumnya di Desa Gunungputri ini terdapat dua kasus positif Covid-19. Namun berkat ketangguhan bersama di Desa Gunungputri ini, sam­bungnya, sudah tidak ada lagi kasus positif Covid-19 dan ke­dua warga yang dulu positif Covid-19 telah sembuh.

Di Kampung Tangguh Desa Gunungputri ini juga memi­liki aspek ketangguhan sosial ekonomi yang sangat baik. Mulai dari peningkatan eko­nomi dalam bentuk budi daya ikan mas, ikan lele, budi daya tanaman stroberi, budi daya labu madu, budi daya maggot dan apotek hidup. “Ada juga posko logistik dan dapur umum turut melekat ketangguhan Kampung Tangguh yang ada di Gunungputri,” ujarnya.

Sementara itu, Ade Yasin mengaku bangga akan keman­dirian masyarakat Desa Gunung­putri ini. Sebab dalam men­ghadapi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, memang membutuhkan kampung tang­guh. Di mana masyarakatnya bisa hidup mandiri tanpa me­merlukan batuan siapa pun. Itu ditunjukkan dengan mengelola kolam ikan, tanaman dan sayuran. Bahkan mengelo­la sampah menjadi barang berharga.

“Saya tadi bersama kapolres, wakil ketua dewan, camat dan lainnya berkeliling melihat situasi di Kampung Gunung­putri Selatan ini. Ya memang sudah bisa disebut kampung tangguh.

Sudah layak disebut kampung tangguh. Semoga bisa menular ke desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Bogor,” tambah­nya. (*/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *