Ini Alasan Kawasan Jonggol Unggul Sebagai Tempat Tinggal

by -

METROPOLITAN – Dalam lima tahun belakangan, berbagai wilayah di Timur Jakarta menjadi sorotan masyarakat khususnya para pencari tempat bermukim. Informasi pengembangan properti berskala besar yang banyak dilakukan developer properti menjadi alasan mengapa kawasan-kawasan di sana masuk ke dalam radar pencarian masyarakat. Apalagi jika melihat tren penyebaran pengembangannya, berbagai properti kini telah tersedia di berbagai wilayah di Timur Jakarta. Misalnya saja kawasan Jonggol yang terletak di Cileungsi.

 

Dilansir dari portal properti global, Lamudi.co.id, ada sejumlah alasan mengapa kawasan Jonggol unggul sebagai salah satu kawasan tempat tinggal masyarakat Jabodetabek.

 

Perbatasan Wilayah

 

Tidak sedikit masyarakat yang menganggap kawasan Jonggol tergolong ‘jauh dari peradaban’ karena lokasinya. Padahal, jika ditelusuri lebih dalam, wilayah ini tergolong sangat strategis sebagai tempat tinggal karena berada pada area perbatasan kawasan. Ada tiga wilayah yang dapat diakses secara mudah dari kawasan ini, yakni Jakarta Timur, Bekasi, dan Bogor. Ketiga wilayah yang berbatasan langsung dengan Jonggol diketahui merupakan kawasan vital dimana merupakan perkotaan dan kawasan industri. Bahkan di bagian terluar kawasan ini, lokasi berbagai perumahan pun tidak terlalu jauh untuk mencapai sebuah kawasan lagi yakni Cianjur.

 

Ketersediaan Hunian Murah

 

Selain strategis, kawasan Jonggol yang sangat cepat berkembang dalam infrastruktur aksesibilitasnya membuat berbagai developer pun menghadirkan sejumlah proyek properti baru (primer). Uniknya, properti hunian yang ditawarkan memiliki banderolan yang sangat terjangkau untuk mengakomodasi kebutuhan tempat bermukim masyarakat.

Bisa diambil contoh yaitu perumahan Citra Indah City besutan Ciputra Group. Berlokasi di Jalan Raya Jonggol KM 23,2, perumahan Citra Indah City menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat berpendapatan menengah ke bawah yakni pada angka RP200 jutaan. Perumahan Citra indah City sendiri merupakan kawasan kota mandiri di atas lahan seluas 1.600 hektare yang dikelilingi oleh lanskap lingkungan hijau nan asri.

 

Lingkungan Asri

 

Tidak hanya contoh perumahan Citra Indah City sebelumnya, berbagai perumahan baru yang dikembangkan disana rata-rata memang memiliki keunggulan dari faktor lingkungannya. Kondisi kawasan Jonggol yang dikelilingi oleh hutan, deretan pepohonan yang rimbun, serta area terbuka hijau yang luas, membuat berbagai tempat tinggal disana memiliki lingkungan bernuansa asri. Keasrian lingkungannya membuat suhu pada kawasan ini tergolong lebih sejuk dibandingkan wilayah di Timur Jakarta lainnya. Faktor ini pula yang membuat tinggal disana terasa sangat nyaman, menenangkan, dan damai jauh dari kebisingan hiruk pikuk perkotaan. Bukan menjadi hal baru sebenarnya yang membuat faktor ini menarik minat pencari properti disana. Kawasan Jonggol sejak lama telah menjadi wilayah incaran masyarakat yang menginvestasikan dananya untuk membuat penginapan atau villa. (lam/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *