IPB University Beri Bantuan Kuota Internet untuk Mahasiswa

by -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI baru-baru ini meluncurkan kebijakan untuk membantu mahasiswa terdampak pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) melalui penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Dana Bantuan UKT mahasiswa.

REKTOR IPB University, Prof Dr Arif Satria, mengata­kan bahwa kebijakan men­dikbud ini sejalan dengan langkah-langkah yang sudah dilakukan IPB terhadap ma­hasiswa terdampak Covid-19. Bahkan, sebelum pandemi ini pada setiap semester IPB University memberikan ke­bijakan penyesuaian UKT bagi mahasiswa yang mem­butuhkan.

“Sekurangnya 200 maha­siswa per semester mengaju­kan penyesuaian UKT dalam beberapa tahun terakhir. Bagi yang lolos verifikasi, UKT-nya diturunkan 1-2 tingkat tergantung permasalahannya,” kata Arif Satria dalam rilisnya Minggu (21/6).

Ia menambahkan, IPB telah menerbitkan tiga Surat Ke­putusan (SK) Rektor terkait langkah-langkah tersebut yaitu SK Rektor No 92/IT3/KM/2020 tentang Pemberian Bantuan Pembiayaan Kuota Internet Bagi Mahasiswa, SK Rektor No 95/IT3/KM/2020 tentang Bantuan Biaya Hidup Bagi Mahasiswa yang Terdam­pak Covid-19 serta SK Rektor No 111/IT3/KM/2020 tentang Bantuan Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa yang Terdam­pak Covid-19.

Sehubungan pandemi Co­vid-19, mahasiswa juga diberi skema keringanan, baik beru­pa penurunan, pencicilan maupun perubahan UKT bagi yang terdampak pandemi Covid-19 dan diberi kesempa­tan mengajukan beasiswa Kartu Indonesia Pintar – Ku­liah (KIP-K) bagi mahasiswa baru. “Di samping itu, maha­siswa juga diberikan bantuan untuk kuota internet dan ban­tuan lain sesuai kebijakan perguruan tinggi,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk ma­hasiswa yang orang tuanya terdampak pandemi seperti terkena PHK, pendapatannya menurun tajam atau orang tuanya meninggal, maka yang seperti ini akan dibantu untuk ditinjau kembali besaran UKT-nya seperti sebelumnya. “Ba­gi mahasiswa yang betul-betul tidak sanggup membayar UKT, bisa saja dibebaskan dari pem­bayaran UKT atau dicarikan beasiswa,” ujar Arif.(re/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *