Kebun Raya Bogor Buka Kembali Awal Juli

by -

METROPOLITAN.id – Menjelang berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional di Kota Bogor, sejumlah pengelola wisata mulai bersiap beroperasi kembali.

Salah satu lokasi wisata yang saat ini tengah bebenah adalah Kebun Raya Bogor. Rencananya, salah satu lokasi wisata favorit ini akan dibuka kembali awal Juli mendatang.

Saat ini, pihak pengelola tengah mempersiapkan perubahan standar dan protokol baru menuju ‘The New Normal Pariwisata’.

Penerapan protokol kesehatan standar meliputi aturan penggunaan masker bagi pengunjung dan karyawan, pengecekan suhu, penyediaan tempat cuci tangan hingga pembatasan kunjungan juga akan diberlakukan.

Humas Kebun Raya Bogor Zaenal Arifin mengatakan, pembukaan wisata Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi akan dikoordinasikan dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

“Minggu ini kami akan ajukan, semoga tanggal 1 Juli Kebun Raya Bogor sudah buka,” kata Zaenal, Rabu (24/6).

Penerapan protokol kesehatan di Kebun Raya Bogor telah disiapkan sejak Pemkot Bogor menggaungkan fase transisi kenormalan baru atau new normal di seluruh tempat, tak terkecuali obyek wisata.

Persiapan protokol kesehatan di Kebun Raya Bogor dilakukan agar dapat memberikan rasa nyaman dan menghindarkan wisatawan dari kemungkinan penularan Covid-19 ketika dibuka kembali.

Zaenal menjamin obyek wisata yang menjadi ikon Kota Bogor ini siap melayani wisatawan sesuai protokol kesehatan. Misalnya, dengan menerapkan pembatasan 50 persen pengunjung.

Biasanya, pengunjung Kebun Raya Bogor bisa mencapai 5000 orang pada hari-hari biasa. Sementara pada akhir pekan jumlahnya bisa mencapai 15.000 pengunjung.

“Untuk kategori ibu hamil, anak usia lima tahun ke bawah, dan lansia apakah diperbolehkan berkunjung atau tidak, masih dalam pembahasan,” terangnya.

Pihak Kebun Raya Bogor juga akan melakukan uji coba terlebih dulu selama sepekan mulai 1 Juli. Uji coba dilakukan terbatas hanya berlaku bagi member Kebun Raya Bogor.

Agar lebih mudah terdata dan tidak menimbulkan antrean dan interaksi lebih lama dengan petugas, wisatawan juga diminta untuk membeli tiket secara daring.

“Tanggal 1 Juli kita lakukan uji coba dulu selama sepekan, khusus pengunjung member dan pembelian tiket secara online,” tutup Zaenal. (dil/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *