Kebun Teh Cianten Bisa Dinikmati Gratis

by -

METROPOLITAN – Kebun Teh Cianten di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, tak kalah ramai dengan Kebun Teh Puncak, Cisarua, Bogor. Setiap hari kawasan itu ramai disambangi wisatawan. Mereka yang datang umumnya dari Jakarta yang hendak berwisata ke Pantai Palabuhanratu, Sukabumi. Mereka memilih jalur alternatif Leuwiliang-Cikidang untuk rehat dan selfie sejenak di Kebun Teh Cianten.

Untuk menikmati wisata ini tidak dipungut biaya apa pun. Wisatawan cukup memberikan uang seikhlasnya kepada relawan kebersihan yang didominasi anak-anak. Nominalnya sukarela. Seribu pun tak masalah.

Soal panorama, tak kalah jauh dari Kebun Teh Gunungmas Puncak, Cisarua. “Setiap hari selalu ada yang berwisata. Paling ramai Sabtu dan Minggu, bisa penuh jalan,” ujar salah seorang petugas sukarelawan kebersihan Kebun Teh Cianten, Muhamad Ridwan.

Untuk menuju Kebun Teh Cianten, wisatawan bisa mengambil masuk Tol BORR menuju arah Jalan KH Sholeh Iskandar. Setibanya di Jalan KH Sholeh Iskandar, tepatnya di simpang Lotte Mart ambil arah kiri menuju Jalan Raya Dramaga. Ikuti Jalan Raya Dramaga hingga pertigaan sebelum Pasar Leuwiliang. Dari sana, perjalanan sekitar 90 menit ke arah Desa Puraseda.

Untuk lebar jalan sendiri bervariasi. Mulai dari enam meter hingga empat meter dengan dua lajur. Sepanjang perjalanan dari Desa Puraseda menuju Kebun Teh Cianten, Anda akan disuguhkan dengan rimbunnya pepohonan. Tak ketinggalan suara nyaring kincir angin yang saling bersahutan.

Namun bagi wisatawan yang ingin ke sana, lebih baik berangkat lebih pagi agar bisa lebih puas menjelajah kebun teh. (rb/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *