Klaim JHT di BPJamsostek Cileungsi Capai Rp166 Miliar

by -

METROPOLITAN – Selama Covid-19, jumlah Klaim BP­Jamsostek Cabang Bogor Ci­leungsi sudah membayarkan Rp166 miliar untuk Jaminan Hari Tua (JHT) saja. PPS Ke­pala BPJamsostek Cileungsi Ratna Netty menuturkan, un­tuk JHT sejak 1 Januari 2020 hingga 22 Juni 2020 ada 12.600 kasus. “Dari JHT itu mencapai 12.600 kasus. Total klaim JHT yang sudah kita bayarkan se­besar Rp166.026.891.310,” ka­tanya.

Ratna mengatakan, dampak pandemi Covid-19 menjadikan sebagian besar perusahaan melakukan Pemutusan Hu­bungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya. Untuk klaim JHT sendiri, BPJamsostek mem­berikan pelayanan kepada peserta dengan menjalankan protokol kesehatan melalui Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik).

Ratna menjelaskan Lapak Asik terdiri dari tiga kanal berupa online, offline dan kolektif. “Awalnya pelayanan klaim BP­Jamsostek melalui Lapak Asik dilakukan secara one on one kemudian berkembang men­jadi one to many karena dam­pak dari pandemi Covid-19 yang menjadikan perusahaan harus melakukan PHK,” jelas­nya.Ia menambahkan, pelaya­nan one on one merupakan pelayanan bagi peserta yang telah melakukan pendaftaran antrean secara online melalui website bpjsketenagakerjaan.go.id. Nantinya peserta yang telah mendaftar anteian online, mereka tidak perlu menyerta­kan berkas secara langsung.

“Jika persyaratan sudah len­gkap, akan kami hubungi via video call WhatsApp untuk melakukan verifikasi data. Nanti akan kami ajukan bebe­rapa pertanyaan. Jika sudah benar dan tidak ada yang meragukan akan kami proses dan nanti klaim akan kami kirimkan ke rekening yang bersangkutan,” paparnya. (all/rb/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *