Kota Bogor Nggak Kebagian Kuota Haji 2020

by -

METROPOLITAN.id – Meski pemerintah Arab Saudimenyatakan membuka kegiatan Haji kembali secara terbatas, namun Pemerintah Indonesia memastikan tidak ada keberangkatan di tahun 2020 ini. Begitupula dengan keberangkatan calon jamaah haji dari Kota Bogor.

Hal itu dikatakan Pengelola Sistem Komputerisasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, Deden Mahpudin, Selasa (23/6).

Dari informasi yang ia terima, pembukaan kegiatan haji hanya untuk negara jazirah di sana, seperti Mesir ataupun Abu Dhabi.

Sementara di Indonesia, sudah dipastikan bahwa tidak ada keberangkatan untuk tahun ini.

“Jadi bukan berarti tidak ada penyelenggaraan tahun ini. Di Arab Saudi tetap ada, tapi bukan untuk seluruh negara,” kata Deden kepada Metropolitan.id, Selasa (24/6).

Sesuai kalender haji nasional yang sudah ditetapkan sebelumnya, tanggal 25 Juni besok harusnya menjadi keberangkatan kloter pertama. Namun karena Kemenag sudah menyatakan tidak ada keberangkatan, maka jadwal tersebut resmi dihilangkan.

Padahal, semua Kemenag di daerah sempat diinstruksikan untuk membuat skema keberangkatan dengan protokol kesehatan. Seperti misalnya keberangkatan dengan setengah kuota, atau seleksi calon jamaah yang berusia di bawah 50 tahun. Namun persiapan itu dirasa tidak akan terkejar dengan waktu yang ada.

“Akhirnya keputusan yang diambil mending tidak usah berangkat semua, makanya sekarang ramai Arab Saudi dibuka. Pada nanya kok buka? Ya memang ada di Arab Saudi,” tegasnya.

Untuk itu, Deden mengimbau masyarakatm saat ini Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020 bahwa sama sekali tidak ada penyelenggaraan haji di Indonesia, termasuk Kota Bogor. Namun jangan khawatir, calon jamaan yang ditunda keberangkatannya tahun ini akan menjadi prioritas berangkat di tahun depan.

“Pasti menjadi prioritas, walaupun di refund. Kursi itu tidak akan hilang. Apalagi yang tidak refund, calon jamaah haji masih ada di waiting list keberangkatan,” pungkasnya. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *