Lapas Paledang Terapkan Kunjungan Online

by -

METROPOLITAN– Menganti­sipasi penularan kepada war­ga binaan dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Paledang Kota Bogor, setiap pengunjung lapas hanya bisa ber­temu warga binaan melalui layar komputer. Hal itu dilakukan sejak Pe­merintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Kota Bogor, Teguh Wibowo, mengatakan, peniadaan kun­jungan tersebut sesuai kebijakan dan arahan dari Kementerian Hukum dan HAM. Meski begitu, pihaknya tetap menyediakan opsi layanan bagi keluarga yang hendak berkunjung ke sanak-saudaranya dalam lapas.

”Kami menyediakan layanan kunjungan virtual bagi pihak keluarga yang ingin menjen­guk saudaranya dalam lapas. Jadi, keluarga masih bisa tetap bertatap muka dengan warga binaan kami, meskipun hanya lewat aplikasi video call yang kami sediakan,” terang Teguh kepada Metropolitan.

Pemberian pelayanan itu, sambung Teguh, merupakan upaya lapas dalam memenuhi hak dan kebutuhan warga binaan. Terutama saat mo­mentum silaturahmi pasca­lebaran.

”Idul Fitri kan momen ma­syarakat bertemu sanak-sau­daranya, maka kita siapkan kebijakan ini. Walau bagai­manapun warga binaan tetap memiliki hak dikunjungi sanak-saudaranya. Apalagi di momen hari raya,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Ke­pala Keamanan Lapas Kelas IIA Paledang Kota Bogor, Rah­mad Mintarja. Menurutnya, saat ini kebijakan tersebut su­dah bisa dinikmati bagi warga binaan. ”Kita mulai kebijakan ini dari awal meniadakan kun­jungan. Kebijakan ini akan terus diberlakukan hingga ada instruksi baru,” katanya.

Untuk teknisnya, Rahmad menjelaskan, berdasarkan blok hunian dan bergiliran. ”Dalam satu hari ada 25 war­ga binaan yang bisa menik­mati kebijakan itu, dengan maksimal pembicaraan dan tatap muka maksimal 30 me­nit,” bebernya.

Sementara untuk operasio­nalnya, tambah Rahmad, pihak Lapas Paledang menyediakan delapan unit komputer khusus. Ketiga komputer itu diinstal aplikasi Bluestack untuk disi­sipkan instalasi WhatsApp dalam komputer tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Lapas Kelas IIA Paledang Bo­gor memberikan remisi ke­pada 519 warga binaan dalam menyambut Idul Fitri. ”Dari 519, 517 di antaranya mene­rima Remisi Khusus (RK) satu, sementara dua lainnya RK dua,” jelasnya. (ogi/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *