Libatkan Warga Kelola Sampah Lebih Bernilai Jual

by -

Pemerintah Desa (Pemdes) Tajurhalang, Kecamatan Cijeruk, membentuk Kelompok Kerja (Pokja) pengolahan sampah yang diberi nama ‘Berseri’. Pokja ‘Berseri’ ini kepanjangan dari bersih, sehat dan indah.

KADES Tajurhalang, Apud Apriansyah, mengatakan, keberadaan Pokja Berseri ini untuk menggeliatkan program pengolahan sampah berbasis masyarakat. ”Sampah yang didapat masyarakat akan diolah atau didaur ulang men­jadi pupuk, sehingga punya nilai jual untuk masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, pengolahan sampah ini sangat berguna bagi masyarakat yang selama ini kesulitan membuang sam­pah. ”Dengan adanya ini, diharapkan masyarakat bisa memilah dan mengolah sam­pah menjadi uang,” ungkap­nya.

Apud menambahkan, kebe­radaan Pokja Berseri ini mem­buat masyarakat lebih tertib dalam menjalankan program pengolahan sampah. ”Kita ingin meningkatkan atau me­nopang ekonomi warga dari sampah dengan memilih dan mengolah sampah,” terangnya.

Dengan adanya pengolahan sampah ini, sambung Apud, lingkungan menjadi bersih, sehat dan indah. Selain itu, masyarakat diharapkan bisa mandiri dan memanfaatkan sampah sebaik mungkin.

”Apabila kita, terutama ma­syarakat, bisa bekerja sama dengan pokja pengolahan sampah dan pemerintah desa, Insya Allah kita bisa mewujudkan desa menjadi desa terbersih. Sebab, ba­nyak contoh di desa lain bisa maju dengan adanya pengo­lahan sampah. Semoga Desa Tajurhalang bisa menyusul seperti itu,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Pengolahan Sampah, Ence Supriatman, berharap pen­golahan sampah ini bisa men­jadikan masyarakat sadar akan kebersihan, kesehatan dan keindahan. ”Kita akan terus bersosialisasi tentang untung­nya mengolah sampah, dari yang tidak bermanfaat men­jadi bermanfaat,” terangnya.

Dengan adanya Pokja ‘Ber­seri’, masyarakat diharapkan lebih peduli terhadap ling­kungan. “Saya berharap tak ada lagi masyarakat yang membuang sampah semba­rangan,” harapnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *