Nah Lho, Komisi VIII DPR RI Minta Dana Calon Haji Dikembalikan Utuh

by -

METROPOLITAN –keputusan pembatalan haji oleh Kementerian Agama mendapatkan sorotan dari Anggota Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka. Dirinya meminta pihak Kemendag untuk menyiapkan skema pengembalian dana perjalanan haji jamaah jika pelaksanaan haji 2020 dibatalkan akibat Pandemi Covid-19.
 
Pengembalian perlu dilakukan usai ditetapkannya keputusan ditiadakannya pemberangkatan jemaah haji di tahun ini.
 
“Kalau dibatalkan ya kembalikan uang jemaah yang sudah disetorkan. Tapi saya tegaskan, harus utuh tidak boleh kurang sepeserpun,” ujarnya.
 
Masih kata Diah, perlu jaminan tersebut tidak hanya di tingkat pusat, tetapi juga harus diawasi hingga tingkat daerah supaya tidak terjadi pemotongan.
 
“Dari pusat utuh, ke daerah juga utuh, sebab itu hak dari jemaah dengan diputuskannya pembatalan pemberangkatan jemaah haji di tahun ini,” imbuhnya.
 
Di sisi lain, anggota dewan dari dapil III Jawa Barat (Cianjur-Bogor) itu  juga menyesalkan keputusan yang diambil oleh Kementerian Agama terkait peniadaan ibadah Haji tahun ini, sebab tidak melibatkan DPR.
 
Padahal saat pembahasan mengenai biaya dan kuota haji, harus mendapatkan persetujuan dari DPR.
 
“Pada akhirnya semua tetap harus berkoordinasi dengan DPR. Tapi sekarang keputusan pembatalan atau ditiadakannya pemberangkatan jemaah haji dilakukan sepihak oleh Kementerian Agama,” tandas politisi PDI Perjuangan tersebut. (suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *