Neng Eem Dorong PUPR Perbaiki Sarpras Pesantren

by -

METROPOLITAN – Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, meminta Kementerian Pe­kerjaan Umum dan Peruma­han Rakyat (PUPR) membe­rikan prioritas dan perhatian lebih kepada kondisi sarana dan prasarana pesantren di seluruh Indonesia, yang di­nilainya masih sangat meny­edihkan.

Hal itu disampaikan Neng Eem dalam Rapat Kerja dengan Menteri PUPR Basuki Hadi­muljono terkait Pembicaraan Pendahuluan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kemente­rian/Lembaga (K/L) dan Ren­cana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun Anggaran (TA) 2021 Kementerian PUPR, di Gedung MPR/DPR, Rabu (24/6).

“Kondisi sarana dan pra­sarana pesantren, pada umum­nya, masih sangat buruk. Beberapa pesantren memang memiliki fasilitas yang baik. Akan tetapi kebanyakan ma­sih sangat memprihatinkan. Kalau pesantren-pesantren tersebut diharuskan me­menuhi ketentuan protokol kesehatan untuk pendidikan dalam rangka Covid-19, sudah dapat dipastikan mereka tidak akan bisa melaksanakan ke­giatan,” papar Neng Eem.

Anggota DPR RI yang juga pernah tinggal di pesantren itu mengatakan bahwa kamar-kamar para santri itu sangat sempit dan minim fasilitas. Kamar-kamar itu hanya di­gunakan untuk menyimpan barang dan peralatan pribadi, sementara kegiatan lainnya dilakukan di luar kamar, baik di masjid, aula, halaman atau­pun pelataran kamar.

“Saya yakin, kondisinya se­karang ini sama saja. Padahal hal itu sudah berlangsung puluhan tahun, semenjak sebelum kemerdekaan. Kita ini sudah berapa puluh tahun merdeka, tetapi kondisi pe­santren tidak banyak berubah. Oleh karena itu, saya minta prioritas dan perhatian Ke­menterian PUPR untuk me­ningkatkan kualitas sarana dan prasaran di pesantren,” ungkap Neng Eem.

Menanggapi hal itu, Men­teri PUPR Basuki Hadimuly­ono mengaku pihaknya tidak hanya mengalokasikan per­baikan sarana dan prasarana pada pesantren, tetapi secara umum pada sarana dan pra­sarana pendidikan keaga­maan. Khusus untuk pesan­tren, sudah dialokasikan untuk menyediakan fasilitas cuci tangan, tempat wudu dan MCK (Mandi-Cuci-Kakus, red). (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *