Pemcam Cigombong Kumpulkan Kades lewat Zoom Meeting

by -

METROPOLITAN – Pe­merintah Kecamatan (Pem­cam) Cigombong, Kabupaten Bogor, menggelar Zoom Meeting dalam melakukan sosialisasi Masyarakat Pem­belajar Antikkorupsi (MPAK). Kegiatan yang dilaksanakan di ruang camat Cigombong ini dihadiri seluruh kepala desa (kades) se-Kecamatan Cigombong.

Plt Camat Cigombong, Asep Achdiat Sudrajat, men­gatakan, kegiatan ini di­maksudkan untuk mengajak seluruh kepala desa yang terlibat langsung dalam penanggulangan wabah Co­vid-19 untuk bertukar pikiran. ”Sosialisasi ini sebagai lang­kah awal mencapai tujuan, yakni membentuk komunitas masyarakat antikorupsi. Le­bih intensif lagi nanti ada pembahasan melalui sarana yang akan dibentuk dalam grup diskusi,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Asep, sosialisasi ini bertujuan me­minimalkan risiko terjadinya korupsi di pemerintah desa. Terutama terkait penanggu­langan kedaruratan keseha­tan masyarakat Covid-19. ”Kerawanan penyimpangan dana itu kan bisa terjadi, en­tah diduga melalui kegiatan pengadaan barang dan jasa, penyaluran berbagai bentuk bantuan dalam penanggu­langan dampak Covid-19 sampai kegiatan lainnya yang relevan,” tegasnya.

Ia menjelaskan, definisi korupsi adalah tindakan yang dilakukan setiap orang yang melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain, atau suatu korporasi yang dapat merugikan negara atau per­ekonomian negara.

Karena itu, ia meminta para kades memahami risiko kebencanaan. Termasuk di dalamnya soal penggunaan Dana Desa (DD) dalam penanganan Covid-19 serta bantuan sosial bagi masyara­kat terdampak. ”Saya berha­rap para kades mengikuti aturan yang telah ditetapkan, baik aturan kementerian ter­kait hingga Peraturan Bu­pati (Perbup) Bogor agar nantinya tidak mendapat masalah dalam pertanggung­jawaban laporan keuangan,” terangnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *