Pemdes Pabuaran Siap Luncurkan Lembur Tohaga Lodaya

by -

Lembur Tohaga Lodaya menjadi program Desa Anticovid-19 di wilayah Provinsi Jawa Barat. Khususnya di wilayah perdesaan yang masih kaya sumber daya alam, seperti masih banyaknya lahan pertanian dan perikanan. Program ini pun menyasar wilayah desa di Kabupaten Bogor. Termasuk di Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang.

PROGRAM ini siap diresmi­kan dan diluncurkan awal Juli 2020. Sekretaris Desa Pa­buaran Sofyan menuturkan, saat ini pihaknya bersama warga dan jajaran pemerintah desa (pemdes) tengah mem­persiapkan lokasi yang akan dijadikan Lembur Tohaga Lo­daya. “Nanti lokasinya di Kam­pung Bangkongreang, RW 08,” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia berharap pada pelaks­anaan nanti kegiatan dapat berjalan lancar dan tentu dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Pabuaran. Semen­tara itu, Kepala Desa (Kades) Pabuaran Ayoh Yohana mengaku dapat bantuan untuk war­ganya yang terdampak wabah Covid-19. “Alhamdulillah ter­catat enam bantuan dari pe­merintah kami dapatkan dan sudah disalurkan,” terangnya.

Seperti Bantuan Bupati (Ban­kab) Bogor yang didistribusikan kepada 77 Kepala Keluarga (KK) dengan bentuk bantuan beras seberat 30 kg. Untuk Bantuan Provinsi Jawa Barat (Banprov Jabar) disalurkan kepada 103 KK berbentuk paket sembako dan uang senilai Rp150.000. Bantuan lainnya yakni ban­tuan Kemensos RI untuk 90 KK dengan bantuan uang tunai Rp600.000 untuk setiap pene­rimanya. Untuk bantuan BPNT Perluasan Mandiri, lanjut kades, disalurkan kepada 281 KK. Sedangkan Bantuan Langs­ung Tunai (BLT) Dana Desa dibagikan kepada 276 KK dengan uang tunai masing-masing penerimanya Rp600.000. Tak hanya itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari kapolres Bogor sebanyak 400 paket beras seberat 5 kilogram. “Kami sangat berterima kasih dan berharap agar bantuan ini meringankan beban warga terdampak,” pungkasnya. (yos/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *