Pemkot Bogor Bahas Pelaksanaan Salat Idul Adha di Tengah Pandemi

by -

METROPOLITAN.id – Pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 Hijriah pada 31 Juli mendatang diperkirakan masih dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19.

Artinya, kemungkinan besar salat akan dilaksanakan dengan pembatasan tertentu dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, pelaksanaan saalat Idul Adha masih akan dibahas Pemkot Bogor bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bogor, serta Dewan masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor.

“Nanti dibahas pelaksanaannya seperti apa. Kalau ada kesepakatan baru, kemungkinan akan diterbitkan SKB (surat keputusan bersama) lagi,” kata Dedie, Selasa (30/6).

Menurutnya, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bogor tentang Kegiatan Keagamaan di Masjid Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bogor yang ditandatangani pada 28 Mei 2020 silam, sebagian besar masjid sudah bisa digunakan untuk ibadah salat berjamaah dengan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan secara benar.

Dedie menambahkan, penerapan protokol kesehatan itu antara lain DKM menyediakan saranan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, melakukan pemeriksaan suhu tubuh jamaah, menggunakan masker bagi pengurus dan jamaah, membawa sajadah masing-masing, tidak berjabatan tangan, dan menjaga jarak antara sesama jamaah sekitar dua meter.

Kemudian, bagi jamaah yang kurang sehat dan memiliki penyakit bawaan, belum diperkenankan untuk salat berjamaah di masjid. Jamaah juga tidak mengajak anak berusia di bawah 15 tahun, serta orang berusia lanjut di atas 60 tahun dan diminta melaksanakan salat di rumah masing-masing.

“Pelaksanaan salat Idul Adha kemungkinan besar akan diatur dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, KH Ade Sarmili mengaku sampai saat ini pihaknya belum merumuskan atau membicarakan persoalan dibolehkan atau tidaknya salat Idul Adha di Kota Bogor nanti.

Namun, ia berharap, kegiatan solat Idul Adha nanti boleh dilangsungkan di Kota Bogor meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Belum ada pembahasan. Namun salat lima waktu boleh, Jumat boleh, Idul Adha moga boleh juga dengan protokol kesehatan,” pungkasnya. (dil/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *