Petugas Kerja Bertaruh Nyawa

by -

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat perlu tahu bagaimana perjuangan petugas laboratorium untuk menguji sampel spesimen virus corona. Sebab, pekerjaan ini tak bisa asal-asalan bahkan bisa mempertaruhkan nyawa petugas bila tidak berhati-hati.

ADA proses panjang yang tidak sembarang dalam men­guji sampel spesimen virus corona. Di lab CRC Covid-19 IPB University, petugas lab bertaruh nyawa untuk men­guji spesimen virus asal Wu­han itu. Betapa ketat dan berbahayanya uji spesimen ini, diharapkan warga Kota dan Kabupaten Bogor bisa lebih peka di tengah pandemi ini.

Humas Lab CRC Covid -19 IPB University, Didik Pramo­no, menjelaskan, secara ring­kas alur pengujian dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal. Terutama faktor keselamatan dan keamanan dalam menangani bahan bio­logis berbahaya.

“Pertama, sampel swab da­lam VTM-media virus (dari RSUD atau Labkesda bukan perorangan) masuk ke satu pintu. Yaitu ke Lab PSSP. Di Lab PSSP dilakukan ekstrak­si menjadi bentuk RNA (ben­tuk sangat aman, red),” kata­nya.

Setelah itu, Didik menjelaskan, dilakukan pengujian Real Time RT-PCR. Di mana sampel yang sudah dalam bentuk RNA da­pat dilakukan uji PCR di Lab PSSP dan Lab CRC.

Jika jumlahnya meningkat, maka pengujian PCR dapat dilakukan di Lab FKH di Dra­maga. “Hasil pengujian ini akan dikirimkan kembali ke in­stansi berwenang mengikuti SOP yang berlaku,” tukasnya. (rb/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *