Pusat Kuliner Surken segera Dibuka

by -

METROPOLITAN – Kabar baik datang bagi pecinta jajanan dan kuliner tradi­sional khas Kota Bogor. Pusat kuliner di Jalan Bata, Suryakencana itu dipastikan mulai beroperasi pada Juli 2020.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mik­ro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bogor, Samson Purba, mengatakan, pusat kuli­ner di Jalan Bata, Suryakencana itu bak­al beroperasi Juli ini. Bahkan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pro­sesi pembukaan pusat kuliner tersebut. ”Sekarang sedang persiapan mau buka,” katanya saat dikonfirmasi Metropolitan, kemarin.

Sebanyak 38 pedagang kuliner dipas­tikan siap menempati lapak-lapak yang berlokasi tepat di samping Plaza Bogor itu. Rencananya, pusat kuliner tersebut akan beroperasi mulai siang hingga malam hari. ”Mulai beroperasi mungkin sekitar sore sampai pukul 21:00 WIB, tapi masih kita matangkan sampai kapan pastinya,” ujarnya.­

Dengan adanya pusat kuli­ner itu, diharapkan membe­rikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, khususnya pelaku usaha menengah. ”Semoga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar, pengun­jung banyak datang dan tetap menerapkan protokol kese­hatan,” harapnya.

Direktur Operasional (Di­rops) Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda PPJ) Kota Bogor, Denny Ari Wibowo, membe­narkan hal tersebut. Menurut­nya, pusat kuliner yang di­beri nama Teras Surken itu merupakan kerja sama an­tara pihaknya bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor.

Menurutnya, 38 pedagang kuliner yang menempati Te­ras Surken berasal dari peda­gang kuliner yang memang sudah berjualan lama. Ia juga memastikan lapak di sana gratis tanpa dipungut biaya apa pun, baik oleh Dinas Ko­perasi dan UMKM maupun Perumda PPJ Kota Bogor se­bagai pengelola.

”Pedagang kuliner kita tata dan kita pusatkan di sana. Tidak ada biaya sewa lapak ataupun sewa tempat. Se­muanya gratis. Paling hanya biaya kebersihan, listrik dan keamanan. Itu pun besaran biayanya masih kita kalkula­sikan, karena prinsipnya kami tak ingin memberatkan,” tegasnya.

Meski bakal beroperasi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, pihaknya bakal memastikan jika pro­tokol kesehatan akan diber­lakukan ketat. Bahkan, pi­haknya akan menyiagakan sejumlah petugas di pintu masuk dan keluar Teras Sur­ken untuk memastikan pro­tokol kesehatan benar-benar diterapkan.

”Kita akan siapkan petugas di pintu masuk dan keluar. Kita juga akan siapkan fasili­tas cuci tangan dan lainnya. Intinya, kita akan pastikan, baik pengunjung maupun penjual, menerapkan proto­kol kesehatan,” tutupnya. (ogi/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *