Rekor, 16 Orang Positif Corona di Bogor, Terpapar dari RS

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengonfirmasi 16 kasus baru positif virus corona atau covid-19, Rabu (10/6).

Belasan pasien kasus baru itu terpapar dari rumah sakit, lingkungan pemerintah kota dan luar Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, peningkatan jumlah positif secara drastis itu baru pertama kali di Kota Bogor dan terbanyak dalam satu pekan terakhir setelah beberapa hari kurva paparan covid melandai.

“Hari ini kami ingin menyampaikan kepada warga bertambah kasus sebanyak 16 kasus baru,” kata Bima di Balai Kota Bogor, Rabu (10/6).

Bima menerangkan, belasan pasien positif itu terpapar di rumah sakit, lingkungan pemerintah kota dan luar Kota Bogor.

“Sebagian besar adalah karena adanya penularan kasus yang bersumber di rumah sakit ada sekitar tiga rumah sakit rujukan covid, lingkungan pemkot, dan luar Kota Bogor,” terangnya.

Kata Bima, langkah yang akan atau sedang dilakukan yakni memperkuat protokol kesehatan di seluruh rumah sakit. Ia juga menginstruksikan dinas kesehatan melakukan audit sistem kinerja di rumah sakit rujukan di seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kota Bogor.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan swab test secara massal di sisa waktu PSBB Transisi ini.

“Kalau rapid kan tingkat akurasinya rendah, jadi kami akan bekerjasama dengan provinsi untuk melakukan swab test,” ujarnya.

Menurut Bima, terjadinya penambahan 16 kasus positif baru ini tidak berdampak pada kesiapan Kota Bogor dalam menghadapi new normal.

Sebab, untuk menentukan protokol kebijakan penerapan PSBB dan new normal, mengacu kepada zonasi sebuah wilayah.

“Kalau kita masih wilayah kuning ya kita akan jalani sesuai yang sudah ada. Tapi kalau kita berubah zonanya baru akan ada penyesuaian,” tutupnya. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *