Relawan Baznas Cek Suhu Penumpang di Stasiun Bojonggede

by -

METROPOLITAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan dukungan dalam penerapan protokol keseha­tan di masa transisi Penera­pan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju kenormalan baru atau New Normal. Du­kungan oleh Baznas ini ya­kni dengan menempatkan tim relawan untuk mem­bantu petugas melakukan pemeriksaan suhu calon penumpang yang hendak menggunakan transportasi Kereta Rel Listrik (KRL).

Sebanyak delapan relawan Baznas membantu pengece­kan suhu penumpang di em­pat stasiun KRL, di antaranya Stasiun Tanah Abang, Mang­garai, Depok dan Bojong­gede. Kepala program Baznas Tanggap Bencana Dian Aditya Mandana Putri mengatakan, semakin bertambahnya jum­lah penumpang yang saat ini sudah kembali beraktivitas menggunakan moda trans­portasi KRL, berpotensi tim­bulnya penumpukan penum­pang di area masuk stasiun karena setiap penumpang wajib menjalani pemeriksaan suhu. Sementara petugas yang berjaga masih terbatas jum­lahnya.

Baznas berinisiatif mem­bantu para petugas pengece­kan protokol kesehatan untuk membantu mengantisipasi penumpukan penumpang yang akan masuk stasiun. ”Berbekal Alat Pelindung Diri (APD) lengkap seperti face shield, masker, serta sarung tangan, relawan Baz­nas menggunkan thermo­meter gun untuk melakukan pemeriksaan suhu satu per­satu calon penumpang yang akan menggunakan KRL,” kata Dian.

Relawan yang terlibat dalam aksi ini juga merupakan pe­nerapan program cash for work, di mana program ini merupakan pemberdayaan yang ditujukan untuk masy­arakat yang bekerja di sektor informal yang mengalami penurunan dan bahkan ke­hilangan pendapatan akibat pandemi Covid-19.

“Seperti berbagai aksi Baz­nas Tanggap Bencana yang telah dijalankan selama pan­demi ini, Baznas kembali melibatkan para pekerja sek­tor informal untuk ikut dalam program Cash For Work agar mereka mendapatkan tam­bahan penghasilan sekaligus membantu dalam aksi pen­cegahan Covid-19,” pungkas­nya. (lip/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *