RT/RW Wajib Awasi Pemakaian BLT DD Tiap KPM

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kecamatan (Pemcam) Cijeruk memantau jalannya penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap II.

Camat Cijeruk, Hadijana, turun langsung bersama Sat­pol PP dan staf kecamatan untuk memastikan bantuan tersalurkan secara tepat se­suai aturan protokol kesehatan. Penyaluran BLT DD tahap dua ini dilaksanakan di Desa Ci­pelang, disusul Desa Cibalung dan Palasari hingga Tanjung­sari. BLT DD baik tahap I dan II jumlahnya berbeda tiap desa. Ada yang diberikan un­tuk 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan ada yang jumlahnya 300 KPM.

”Yang pasti harus tepat sa­saran dan sesuai kuota yang ada. Alhamdulillah, hari ini (kemarin, red) saya lihat penyaluran berjalan lancar dan aman. Penerima juga te­lah mematuhi protokol kese­hatan,” ujarnya.

Bahkan, ia mengimbau warga yang menerima BLT DD menggunakan uangnya se­cara bijak. Yakni sesuai kebu­tuhan yang diperlukan agar uang tersebut dapat mering­ankan beban keluarga. ”Ban­tuan ini sifatnya hanya mem­bantu. Jadi gunakan seperlu­nya, sampai bantuan BLT DD tahap ketiga cair,” tuturnya.

Ia juga berpesan agar ketua RT/RW serta Pemdes memo­nitor penggunaan bantuan tersebut. ”Warga harus diing­atkan bahwa bantuan ini se­mentara. Jadi harus digunakan dengan baik,” pesannya.

Sementara itu, Pjs Kades Cibalung, Tb Budhi Darmawan, mengatakan, pencairan BLT yang bersumber dari angga­ran Dana Desa tahap II itu disalurkan kepada 304 KK dengan masing-masing Rp600.000. Bantuan ini diha­rapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat Cibalung dalam memenuhi kebutuhan sehari hari di masa pandemi Covid-19.

”Alhamdulillah, warga saat mengambil dana BLT mema­kai masker dan jaga jarak. Sebab, sebelumnya kami sudah informasikan melalui ketua RT soal protokol kesehatan,” tegasnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *