Satu Pegawai Positif Corona, Pelayanan Dinkes Tetap Berjalan

by -

METROPOLITAN – Penam­bahan enam kasus positif Covid-19 baru yang dirilis Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor, Kamis (28/5), berbuntut panjang. Sebab, dari enam orang itu, tiga di antaranya merupakan pega­wai pemkab, tepatnya di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupa­ten Bogor. Hal tersebut dibe­narkan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah.

Ia menjelaskan, ada tiga staf Dinkes Kabupaten Bogor yang terkonfirmasi positif Covid-19. Ketiganya dinyatakan positif, setelah menjalani uji Swab Test. ”Positifnya tiga orang, kita dapat informasinya kemarin ya, lewat swab (test). Jadi termasuk enam kasus po­sitif baru yang dirilis kema­rin,” katanya kepada pewarta.

Dari laporan yang ia terima, ada keluarga salah satu staf tersebut yang positif corona, sehingga diduga bukan ter­papar di lingkungan kerja. ”Kelihatannya begitu, karena ada keluarga salah satunya yang positif. Jadi bukan di lingkungan kerja,” terangnya.

Meski begitu, sambung dia, aktivitas kantor Dinkes Kabu­paten Bogor tidak diliburkan secara penuh. Hanya saja akan dilakukan sterilisasi pada ru­angan yang digunakan, sem­bari menunggu hasil tes swab orang-orang yang diketahui kontak langsung dengan pasien positif baru. Mulai dari ling­kungan rumah hingga kantor.

Pemkab Bogor sendiri dike­tahui masih menerapkan Work From Home (WFH) atau kerja di rumah selama masa Pem­batasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun beberapa dinas, seperti Dinkes hingga BPBD, termasuk SKPD yang dikecua­likan menerapkan sistem piket.

”Dinas nggak diliburkan. Kan sudah ketahuan siapa saja yang kontak erat dengan pasien po­sitif. Itu kita tes. Lagi pula yang bersangkutan kebetulan sudah nggak terlalu mobile, jadi ke­tahuan yang kontak erat. Me­reka-mereka itu di-WFH-kan, sambil menunggu hasil swab. Jadi kantor tetap seperti se­suai aturan yang ada sekarang, nggak ditutup total,” jelasnya.

Setelah sempat zero kasus positif Covid-19 selama tiga hari pada Minggu-Selasa (24-26/5), penambahan kasus terus terjadi di Kabupaten Bogor. Tak tanggung-tanggung, dalam sehari ada enam kasus positif baru yang dirilis Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, Kamis (28/5) malam.

”Enam kasus positif itu yaitu laki-laki (26) asal Ciawi, laki-laki (25) dari Citeureup, perempuan (50) dari Cileung­si, laki-laki (44) asal Cigom­bong serta perempuan (55) dan laki-laki (46) yang sama-sama dari Cibinong,” ujarnya.

Jika dirunut ke belakang, selama penerapan Pembata­san Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga, sudah 45 orang terkonfirmasi posi­tif corona. (ryn/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *