Tempat Wisata di Bogor Mulai Ajukan Izin Buka Kembali

by -

METROPOLITAN.idKepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman mengungkapkan sampai saat ini sudah banyak lokasi wisata di Kota Bogor yang mengajukan proposal untuk membuka kembali tempat mereka.

Proposal berupa protokol kesehatan yang akan dijalankan jika tempat wisata tersebut kembali dibuka.

Beberapa lokasi wisata yang sudah mengajukan proposal di antaranya Jungle Waterpark, Cifor, Kuntum, kampung tematik dan beberapa sanggar tari.

“Sudah cukup banyak yang mengajukan, tapi kami masih berhati-hati dalam melakukan seleksi mana saja yang boleh buka dan tidak, karena kan setiap lokasi wisata karakteristiknya berbeda-beda,” ujar Atep, Kamis (25/6).

Menurutnya, terdapat tiga tingkatan potensi penyebaran virus di lokasi wisata. Dengan masih adanya potensi penyebaran ini, Atep mengaku tidak mau saat lokasi wisata dibuka nantinya malah menimbulkan klaster baru.

“Jadi ada yang low risk, medium risk dan high risk. Nah dari situ kami menilai apakah akan mengeluarkan rekomendasi atau tidak,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua IDI Kota Bogor Zainal Arifin mengatakan, di tengah pandemi corona seperti ini, adanya pelonggaran memungkinkan munculnya kerumunan. Maka, potensi kelahiran klaster baru sangat memungkinkan.

Namun, jika tiga kunci melawan Corona dijalankan, maka penularan atau potensi lahirnya klaster baru bisa ditekan.

“Ini kan penularannya dari manusia ke manusia. Nah koncinya agar tidak tertular itu ada tiga, yaitu pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak minimal satu meter,” terangnya.

Untuk menahan laju pandemi di sisa waktu PSBB Transisi, Zainal mengimbau masyarakat agar tidak terlalu terlena dalam euforia dibukanya lokasi wisata nanti.

“Walau dalam kebijakan ada pelonggaran transisi new normal, tapi secara pribadi setiap warga harus aware untuk melindungi dirinya sendiri dan keluarganya,” pesannya. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *