TKSK Bojonggede Awasi Penyaluran BPS di Susukan

by -

METROPOLITAN – Sebagai petugas Kementerian Sosial, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang langsung menyentuh hingga ke akar rumput harusnya dilibatkan dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos). Namun, kenyataan di lapangan tidak begitu. Hal ini karena kurangnya koordinasi agen Bank Mandiri dengan TKSK setempat.

Seperti di wilayah Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Menurut TKSK Bojonggede, Asep Suhana, di Desa Susukan terdapat agen Bank Mandiri sebagai penyalur Bantuan Perluasan Sembako (BPS) namun tidak berkoordinasi dengannya. Seperti kemarin, pihaknya ikut memantau langsung penyaluran BPS melalui agen Bank Mandiri yang berlokasi di wilayah Desa Susukan, Bojonggede. “Untuk bansos ini penerimanya sebanyak 219 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelasnya kepada Metropolitan.

Pria yang akrab disapa Cepoy itu menjelaskan, bansos tersebut memang tidak merata didapatkan seluruh warga di wilayah desa tersebut. “Untuk saat ini kendala kami sebagai TKSK, khususnya dalam penyaluran BPS Mandiri, yaitu kurangnya koordinasi pihak agen Bank Mandiri dengan TKSK dan ini sangat di sayangkan,” paparnya.

Padahal sebagai TKSK, ia sudah melakukan monitoring dan, melakukan evaluasi untuk menghindari segala hal yang tidak diinginkan. “Sebetulnya hanya tinggal komunikasi yang baik. Tentu agar data dapat sesuai disinkronisasikan. Tapi nyatanya agen bentukan Bank Mandiri tidak begitu,” ujarnya.

Di lain hal, selain pemantauan BPS, TKSK juga ikut serta dalam penyaluran Bantuan Bupati (Banbup) Bogor dengan masing-masing KPM di Desa Susukan mendapatkan sembilan KPM. Ia menceritakan, sebagai ujung tombak penyaluran bansos, sedari awal sejak mencuatnya wabah Covid-19, pihaknya bekerja siang malam. Baik dari kegiatan penyemprotan, meminta data untuk usulan bantuan, termasuk memverifikasi. “Sampai saat ini, kami masih terus melaporkan ke tingkat pemeriksa mulai dari inspektorat, Irjen, BPK Provinsi dan KPK untuk setiap kegiatan yang berlangsung,” paparnya.

Cepoy berharap dengan kegiatan yang berlangsung setiap harinya itu agar ia tetap sehat dalam membantu masyarkat. “Tak hanya itu, saya juga berharap agar agen bentukan Bank Mandiri dapat mengajak untuk koordinasi agar setiap bantuan dapat berjalan dengan lancar di semua tahapan bantuannya,” pungkasnya. (yos/b/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *