Tol Bogor-Serpong Mulai Digarap

by -

METROPOLITAN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana mele­lang sepuluh proyek tol pada Juni dan Juli 2020 ini. Salah satu proyek yang bakal mulai diga­rap adalah ruas Tol Bogor-Serpong via Parung.

“Proses lelang ke sepuluh proyek tol itu telah disiapkan dan segera memasuki prakualifi­kasi lelang pada Juni-Juli 2020 ini,” kata Men­teri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menurutnya, salah satu proyek yang segera dilelang adalah ruas Tol Kulon Progo-Jogja sepanjang 76 kilometer.

”Ini proses lelangnya sudah mulai dan tanggal 4 Juni nanti akan proses pema­sukan penawarannya. Mudah-mudahan 2020 sudah bisa mulai konsekitar September-Oktober struksinya,” ucapnya.­

Beberapa ruas tol lainnya yang akan segera digarap, di anta­ranya Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas, jalan akses Patimban, Sentul Selatan-Karawang Barat, Se­marang Harbour, Semanan-Balaraja, Tol Layang Cikunir-Karawaci dan Tol Layang Cikunir-Ulujami.

Di sisi lain, di samping proy­ek jalan tol, tambah Basuki, Kementerian PUPR juga be­rencana melelang proyek sistem transaksi tol nontunai berbasis Multi-Lane Free Flow (MLFF) di sektor jalan tol.

Sebelumnya diberitakan, warga Parung Bogor hingga Sawangan Depok dan seki­tarnya akan semakin diman­jakan fasilitas infrastruktur tol. Kementerian PUPR sedang menyiapkan jaringan Tol Parung-Serpong atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) III. Tol ini melengkapi JORR I yang sudah tersambung dan JORR II yang akan rampung pada Mei 2020.

“Tol Desari (Depok-Antasari) kan ke selatan, kalau kita te­ruskan menyambung dengan Bogor Outer Ring Road (BORR) dan kita juga ada satu ruas yang akan kita tenderkan ta­hun depan antara Serpong hingga Parung. Kalau kita gambarkan itu, kira-kira akan kita jadikan JORR III,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit. Saat ini, jaringan Tol BORR sedang diperpanjang ke arah Parung. Tol ini akan menyambung dengan jaringan Tol Desari yang menghubungkan Ja­karta (Jalan Antasari) dengan wilayah Depok (Sawangan).

(cnn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *