UTBK SBMPTN IPB Khusus Warga Bogor Raya

by -

METROPOLITAN – Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, siap menjadi salah satu pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Pergurutan Tinggi Ne­geri (UTBK-SBMPTN) pada Juli 2020. Namun, peserta ha­nya boleh berasal dari Bogor Raya, yang meliputi Kabupa­ten dan Kota Bogor.

”Kita mengikuti keputusan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPT­NI) bahwa UTBK hanya ber­laku untuk peserta dari kota setempat. IPB dan wali kota sepakat tentang hal tersebut,” kata Rektor IPB Arif Satria.

Arif mengatakan, IPB tidak menerima peserta UTBK-SBMPTN dari luar Bogor. Arif menegaskan keputusan itu tak bisa diganggu. ”Semua tergan­tung putusan itu,” tegasnya.

Arif menambahkan, kebija­kan ini bertujuan menekan angka penyebaran Covid-19. Ia pun optimistis gelaran UTBK-SBMPTN di IPB akan berlangsung lancar dan diha­rapkan tak ada penularan Covid-19.

Arif memastikan IPB telah menyiapkan segala sesuatunya guna pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Persiapan menyesu­aikan arahan protokol kese­hatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Daerah.

”Siap gelar UTBK sesuai dengan protokol kesehatan dan ketentuan pemerintah kota atau kabupaten,” ucap Arif.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan tak ada migrasi peserta UTBK-SBMPTN 2020. Artinya, setiap peserta hanya boleh mengikuti tes di wilayah terdekat.

”Pusat UTBK-SBMPTN hanya melayani siswa satu daerah, tidak boleh lintas provinsi apalagi lintas pulau,” kata Pelaksana tugas Direktur Jen­deral Pendidikan Tinggi (Dir­jen Dikti) Nizam dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Senin (22/6). (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *