3.973 Warga Tegalwaru Dapat Bantuan Covid-19

by -

METROPOLITAN – Pe­merintah Desa (Pemdes) Tegalwaru, Kecamatan Ci­ampea, mengumpulkan para RT dan RW untuk me­nyalurkan bantuan Covid-19. Ini dilakukan untuk memi­nimalisasi terjadinya tumpang tindih penerima bantuan sosial (bansos).

Kades Tegalwaru, Nunung Nuriah, mengatakan, ada 3.973 KK yang mendapatkan bantuan. Ini mencakup tujuh sumber bantuan, yakni Pro­gram Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) BNI dan Man­diri, Bantuan Langsung Tu­nai (BLT) Desa, bansos bu­pati, Bantuan Provinsi (Ban­prov) Jawa Barat dan Ban­tuan Presiden.

Sebelum bantuan Covid-19 turun ke masyarakat, pemdes menyosialisasikannya ke perangkat RT. Tujuannya agar bantuan tersebut tepat sa­saran dan tidak tumpang-tindih. “Sebab, bantuan yang turun ke masyarakat yang disalurkan perangkat wi­layah tentu harus dipertang­gungjawabkan,” ungkapnya.

Bantuan yang sudah turun ke Desa Tegalwaru, yakni Bansos PKH (3.34 KK), BPNT BNI (198 KK), BPNT Man­diri (340 KK), BLT Dana Desa (244 KK), Bansos Bu­pati (720 KK),

Bansos Provinsi Jawa Barat tiga tahap pertama ada 151 KK, tahap kedua 195 KK dan tahap 170 KK dan Banpres tahap pertama 12 KK, tahap kedua 154 KK dan tahap ke­tiga 541 KK. ”Dari tujuh sum­ber bantuan yang turun ke Desa Tegalwaru ada 3.973 KK yang menerima bantuan. Sisanya ada 2.889 KK yang nanti akan dibantu BLT Da­na Desa,” ujarnya.

Nunung menekankan ke­pada ketua RT/RW agar trans­paran ketika mendata dan menyalurkan bantuan Co­vid-19. ”Setiap bantuan yang turun ke masyarakat, pemdes bersama perangkat RT/RW menggelar Musyawarah Desa (Musdes), karena yang tahu data dan keluhan ma­syarakat yakni perangkat wilayah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pa­guyuban RT se-Desa Tegal­waru, Junaedi, menambah­kan, sebelum bantuan disa­lurkan ke masyarakat, pe­rangkat RT/RW bersama pemdes menggelar musdes dan menyosialisasikannya kepada masyarakat.

Tujuannya agar tidak ada kecemburuan dan fitnah di masyarakat. ”Ketika ada ma­syarakat yang sudah menda­pat bantuan PKH tidak boleh ada bantuan banpres dan lainnya, jadi tidak tumpah tindih,” tukasnya. (ads/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *