6 Bulan, Cibinong Raya Digulung 21 Kali Kebakaran

by -

METROPOLITAN.id – Sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota Kabupaten Bogor, wilayah Cibinong Raya rupanya sangat rentan kebakaran.

Data Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), dalam rentang waktu setengah tahun saja, tak kurang dari 21 kejadian kebakaran terjadi di wilayah Cibinong Raya.

Komandan Sektor (Dansek) Damkar wilayah Cibinong, Andang Hidayat mengatakan, sejak Januari hingga Juni 2020, tak kurang dari 21 kejadian kebakaran terjadi di berbagai wilayah se-Cibinong Raya.

Kejadian paling banyak, didominasi kebakaran di wilayah Kecamatan Cibinong dengan 11 kali peristiwa kebakaran.

“Disusul kejadian di wilayah Bojonggede dengan delapan kali kejadian terlapor, lalu dua kejadian lagi di Kecamatan Citeureup. Total selama tahun ini sudah 21 kejadian,” kata Andang, Kamis (9/7).

Meski demikian, dari puluhan kebakaran, tidak ada satu pun yang menelan korban jiwa. Dalam catatanya, sebagian besar kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik.

“Korban jiwa untungnya nggak ada ya. Rata-rata kebakaran yang terjadi itu masih sama, karena korsleting listrik kebanyakan. Makanya ini jadi pelajaran supaya lebih hati-hati soal listrik,” imbaunya.

Andang juga menjelaskan, 21 kebakaran tersebut didominasi terjadi di rumah-rumah pemukiman warga.

Sisanya beragam, mulai dari gardu listrik, kendaraan bermotor hingga penampungan sampah dan musala. Ia memerinci, kejadian kebarakan yang terjadi di rumah warga sebanyak 14 kali peristiwa.

“Yang lainnya beragam, yaitu tiga kali kebakaran gardu listrik, dan satu kali masing-masing kebakaran sepeda motor, lahan sampah atau penampungan sampah dan satu kejadian kebakaran di musala,” jelas Andang. (ryn/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *