Asyik, cuma Duduk di Rumah Bisa Bikin Paspor

by -

METROPOLITAN – Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Bogor meluncurkan inovasi baru dalam sistem pelayanan pembuatan paspor. Para pemohon pembuatan paspor baru tak perlu datang ke kantor Imigrasi, karena petugas Imigrasi akan mendatangi kediaman para pemohon.

Kasubsi Teknologi Informasi

Keimigrasian, Dody Permana, mengung­kapkan, sistem yang diberi nama Eazy Passport ini merupakan inovasi dan terobosan terbaru dari kantor Imigrasi Kelas I non-TPI Bogor. ”Kami menjawab ke­resahan masyarakat yang takut keluar rumah di tengah pandemi, dengan menda­tangi mereka untuk pem­buatan paspor baru dan memperpanjang masa ber­laku,” terangnya kepada Metropolitan, Kamis (2/7).­

Untuk permohonannya sendiri, sambung Dody, ma­syarakat tinggal menghubungi pihak Imigrasi melalui tel­epon atau WhatsApp dengan mencantumkan nama wi­layah atau instansi terkait. ”Tapi untuk bisa memanggil petugas, minimal harus 50 orang yang mengajukan. Jadi, sistemnya kolektif,” je­lasnya.

Bukan hanya untuk masyara­kat umum, pihak Imigrasi juga siap melayani pembuatan pas­por baru bagi instansi pemerin­tahan, BUMD, BUMN bahkan komunitas. Untuk biayanya masih sama, yakni Rp350 ribu per orang untuk pembuatan paspor baru dan perpanjangan masa berlaku. ”Kalau rusak dan hilang harus ke kantor Imigra­si,” katanya.

Sebanyak 22 pemohon dari Sinbad Agung Residence di Kecamatan Tanahsareal, men­jadi penikmat pelayanan terbaru dari Imigrasi ini. Berdasarkan catatan kantor Imigrasi Kelas I non-TPI Bogor, dari 22 masy­arakat yang mengajukan, ada delapan permohonan pem­buatan baru dan 14 perpan­jangan. (dil/a/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *