Belajar Sejarah dan Pertahankan Nilai Budaya

by -

Awak media yang tergabung dalam Jurnalis Bogor Barat (JBB) menyapa warga Baduy selama dua hari. Dengan mengendarai sepeda motor, rombongan JBB mendatangi pemukiman warga Kampung Baduy Luar di Kampung Kanekes, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Jawa Barat.

DARI Kampung Kanekes (Baduy Luar), rombongan JBB harus melewati perjalanan sejauh 1 kilometer menuju Kampung Baduy Dalam.

Namun, rasa lelah mele­wati jalan setapak yang terjal dan menurun bakal hilang lantaran di sepanjang perja­lanan tak sedikit warga yang menjajakan kerajinan khas Baduy. Di antaranya gelas bambu dengan corak Baduy, tas tali khas Baduy hingga cindramata seperti cincin dan gelang.

Bahkan, di sepanjang per­jalanan awak media disugu­hkan pemandangan rumah adat panggung yang memukau. Puluhan leuit dan jembatan bamboo membentang sepan­jang 50 meter, membelah Sungai Kanekes.

Di pekatnya malam, peng­unjung bisa menyaksikan kesenian khas Baduy yakni Karinding. Semua alat yang dimainkan berasal dari bahan bambu. Warga Baduy Luar biasanya bermain kesenian Karinding pada malam hari, sembari menghilangkan rasa lelah setelah seharian be­kerja di ladang. Wartawan MGS TV, Mande Jajar, menu­turkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat keseharian warga Baduy, baik seni tradisional maupun ke­indahan alamnya. ”Banyak hikmah yang bisa dipetik. Kita berharap wilayah Kabu­paten Bogor seperti warga Baduy bisa mencintai alam. Termasuk mempertahankan nilai-nilai budaya,” pungkas­nya. (ads/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *