BPN Buka Layanan Elektronik

by -

METROPOLITAN – Kemen­terian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor berbenah lagi. Di bawah kepemimpinan Sepyo Achan­to ingin memberikan kemu­dahan pelayanan bagi warga Kabupaten Bogor. Salah satu layanan tersebut yakni layanan elektronik yang bisa diguna­kan dalam pelayanan produk pertanahan dan tata ruang.

“Layanan elektronik ini se­benarnya sudah menjadi ke­butuhan masyarakat pada era digital seperti sekarang ini, kami pun sudah menciptakan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan tepat,” kata Kasubag Tata Usaha ATR/BPN Kabupaten Bogor, Nur Azizah, Rabu (1/7).

Sekadar diketahui, layanan pertanahan yang akan diin­tegrasikan secara elektronik terdiri atas layanan elektronik hak tanggungan (HT-el) yaitu untuk pendaftaran HT, Roya, Cessie dan Subrogasi.

Menurut Nur Azizah, selain itu ada ada layanan elektronik informasi pertanahan (zona nilai tanah, surat keterangan pendaftaran tanah dan peng­ecekan). Khusus layanan HT-el, Kementerian ATR/BPN sudah mengeluarkan Peratu­ran Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 9/2019 tentang Pe­layanan Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik.

Salah satu penerapannya adalah dengan menggunakan tanda tangan elektronik. Tanda tangan elektronik itu bisa di­gunakan untuk memberi per­setujuan atau pengesahan dokumen elektronik pertanahan.

Ia berharap penerapan layanan elektronik ini me­mudahkan urusan masyara­kat serta membangun opini positif masyarakat di Kabu­paten Bogor terkait dengan pelayanan pertanahan. Soal­nya selama ini sudah banyak keluhan terkait dengan peng­gunaan layanan pertanahan maupun sistem birokrasi yang tak sesuai standar operasional prosedur.

Meski begitu, pelayanan manual di BPN Kabupaten Bogor masih ada, karena un­tuk adaptasi pelayanan ke­pada warga Kabuapten Bogor. Terlebih masyarakat Kabu­apten Bogor cukup majemuk dan masih banyak yang ting­gal jauh dari jangkaun inter­net. (rb/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *