Datangi Disdik, Cecep Gogom Bahas Kondisi Pendidikan

by -

METROPOLITAN – Ang­gota Komisi V DPRD Jawa Barat H Cecep Gogom men­gunjungi Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Senin (6/7). Politisi Partai Gerindra itu membahas si­tuasi pendidikan terkini di tengah pandemi corona atau Covid-19. Isu-isu sentral yang dibahas di antaranya soal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hingga kondisi pendidikan di tengah pan­demi.

Terkait PPDB di Kabupaten Bogor, lelaki kelahiran Cisarua itu mengaku sejauh ini masih berjalan kondusif. ”Alham­dulillah Kabupaten Bogor masih kondusif lah, walaupun ada beberapa kabupaten yang bermasalah seperti terkait zonasi, afirmasi dan prestasi. Terutama jalur zonasi yang paling banyak bermasalah,” kata Cecep Gogom saat dite­mui di Disdik, Senin (6/7).

Menurutnya, jalur apa pun yang digunakan dalam PPDB harus sesuai aturan. Jangan sampai ada penyimpangan seperti adanya peserta didik ’titipan’ yang biasanya selalu muncul saat PPDB. ”Yang penting kita sesuai aturan. Kalau memang mau masuk via jalur afirmasi, ya kita do­rong. Mau zonasi juga kita dorong. Jalur prestasi juga bermasalah kan ini, standar­disasi nggak jelas. Intinya semua harus sesuai aturan,” tegasnya.

Terkait kondisi pendidikan di tengah pandemi, Cecep Gogom meminta keputusan yang diambil pemerintah daerah sejalan dengan kemen­terian. Pemerintah daerah harus hati-hati jika ingin mem­buka kembali sekolah. Tuju­annya jangan sampai peserta didik menjadi korban karena virus corona yang belum juga mereda.

”Untuk masalah proses pem­belajaran di masa pandemi Covid-19 ini, saya berharap keputusan yang diambil pe­merintah daerah sejalan dengan kementerian. Penting mendengarkan masukan dari lembaga pendidikan. Kalau zona sudah aman, ya proses pembelajaran bisa segera dilaksanakan. Tapi tetap harus dengan potokol kesehatan,” pungkasnya. (fin/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *