Dua Pendaki Tersesat di Gunung Munara

by -

METROPOLITAN – Dua pendaki asal Jakarta berhasil ditemukan petugas gabungan setelah tersesat saat akan turun dari Puncak Satu Situs Gunung Munara, Desa Kampungsawah, Kecamatan Rumpin, Kabupa­ten Bogor, Senin (13/7) malam.

Kejadian itu bermula saat dua orang mulai melakukan pendakian dari pos atau pin­tu utama, sekitar pukul 14:00 WIB. Sesampainya di puncak satu, keduanya memutuskan turun, selanjutnya tersesat.

Anggota Badan Penanggu­langan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Didi Su­mardi mengatakan, kedua pendaki itu masuk melalui pintu utama pendakian. Namun setelah sampai puncak, ke­duanya kembali turun.

”Saat di perjalanan arah tu­run, keduanya tersesat. Korban pun langsung melapor ke no­mor darurat 112 BPBD Kabu­paten Bogor,” kata Didi Su­mardi kepada Metropolitan.

Ia menuturkan, selanjutnya korban bertemu pengunjung lain dan langsung menunjuk­kan arah jalan. Kedua penda­ki itu pun langsung turun, di mana awal mulanya keduanya naik. ”Kedua pendaki itu me­mang sempat turun ke per­mukiman warga. Karena bukan gerbang utama, akhirnya pendaki itu naik lagi dan ber­temu pengunjung lain,” ujar Didi.

Didi menjelaskan, pendaki bernama Agam Salman Baihaqi dan Siraj Wahaj Kadafi asal Jakarta itu berhasil ditemukan dengan kedaan selamat. ”Ke­duanya berhasil ditemukan saat akan turun menuju gerbang utama pendakian,” jelas Didi.

Kepala Desa Kampungsawah Edi Riyadi membenarkan ada­nya dua pendaki yang sempat tersesat. Namun berkat ban­tuan petugas gabungan, ke­duanya ditemukan saat hendak turun ke gerbang utama. ”Sem­pat turun tapi naik lagi. Setelah pencarian, keduanya berhasil ditemukan saat mau turun ke gerbang utama di mana me­reka masuk awal,” pungkas Edi. (mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *