FMP 2020, Membangun Semangat Gotong Royong di Tengah Pandemi

by -

METROPOLITAN.id – Meski di tengah pandemi virus corona atau covid-19, Festival Merah Putih (FMP) 2020 tetap dihelat di Bogor.

Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, agenda tahunan yang memasuki tahun kelima ini kebanyakan dilakukan secara virtual atau online.

Adapun agenda FMP 2020 di antaranya memerahputihkan Lawang Salapan, pengibaran dan penurunan bendera merah putih selama 30 hari di ruang publik, pemasangan umbul-umbul merah putih, paduan suara virtual, webinar ketahanan pangan dan kebangsaan, kegiatan sosial dan gotongroyong, lomba doodle secara virtual, menulis cerita merah putih, virtual fun ride, sekolah kader merah putih, teladan awards hingga virtual marching competition.

Ketua FMP 2020, Darwin Darmawan mengatakan, FMP 2020 mengangkat tema ‘Gotong Royong Membangun Negeri’.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, FMP kali ini memiliki tantangan lebih karena dilakukan masih dalam situasi pandemi.

“Kami sudah mulai bergerak dan melakukan persiapan agar FMP berjalan baik.
Tantangan kali ini kita berada di pandemi covid-19. Di sisi lain, nasionlaisme itu hal mutlak dan harus dibangun,” kata Darwin saat jumpa pers di teras Balai Kota Bogor, Kamis (30/7).

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini justru perlu mengobarkan kembali semangat kebersamaan dan gotong royong. Meski kegiatannya banyak dilakukab secara virtual, Darwin meyakini kegiatan-kegiatan tersebut tetap menyentuh dan membakar semangat gotong royong.

“Ada dua hal relevan dalam tema ini, kita ingin semangat gotong royong menjadikan kita tetap bersatu. Kita semua adalah satu bangsa, perbedaan politik tidak boleh memecah kita. Kedua, FMP memaknai festival ini sebagai gotong royong dan solidaritas. Kami ingin merah putih menjadi spirit kolektif untuk bahu membahu melewati pandemi covid-19,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya menilai saat ini merupakan waktu yang tepat untuk merapatkan barisan.

“Di sini semua warna ada, di sini semua agama ada. Tapi ketika bersama-sama, semuanya merah putih. Ini pesan yang ingin kita sampaikan, dari Bogor untuk indonesia,” tegas Bima.

Tak lupa, Bima juga mengajak warga untuk terus menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk perang melawan virus corona. FMP sendiri akan mematuhi dan berlandaskan protokol kesehatan dalan setiap kegiatan-kegiatan yang dihelat

“Bersama kita berperang untuk memenangkan pertarungan melawan covid-19. Semangat itu yang ingin disebar, dikuatkan dari Bogor untuk Indonesia. Dan digarisbawahi, seluruh kegiatan FMP Insyaallah akan selalu mematuhi dan berlandaskan protokol kesehatan,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *