Gunung Gede Siap Dibuka Kembali, Ini Aturan Barunya

by -

METROPOLITAN.id – Selama pandemi virus corona atau covid-19, wisata pendakian gunung ditutup total, tak terkecuali Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Namun, objek wisata yang melingkupi tiga wilayah di Jawa Barat itu yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi ini mulai berbenah kembali.

Pengelola sedang menyiapkan dibukanya kembali wisata pendakian baru ini dengan aturan yang juga baru menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Humas Balai Besar TNGGP, Poppy Oktadiyani mengatakan, menjelang diberlakukannya AKB di sektor pariwisata, pihak TNGGP sudah mengeluarkan protokol kesehatan yang harus diikuti para pengunjung ketika nantinya diizinkan buka kembali.

Protokol kesehatan yang wajib dijalankan di antaranya pengunjung harus menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan membawa surat keterangan sehat.

“Kami sosialisasikan untuk masyarakat luas sebelum pembukaan agar calon pengunjung wisata maupun calon pendaki mempersiapkan diri dalam kondisi new normal ini,” kata Poppy, Kamis (2/7).

Meski masih harus menunggu persetujuan dari pemerintah daerah dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk buka kembali, Poppy mengaku TNGGP saat ini sudah siap untuk dioperasikan kembali.

Selain protokol kesehatan yang sudah disiapkan seperti tempat mencuci tangan di setiap pintu masuk dan disediakannya pos hand sanitizer, pembatasan jumlah pendaki akan diterapkan. Tujuannya, meminimalisasi potensi penyebaran virus corona di TNGGP.

“Kuota pendaki kami batasi dari 1.200 orang per hari ketika normal, di masa pandemi menjadi 600 orang per hari,” ungkapnya.

Terkait dengan proses reservasi, lanjut Poppy, nantinya akan dialihkan semuanya ke sistem online.

“Soal reservasi online sedang digodok. Untuk pengecekan di pintu-pintu wisata alam dan pendakian serta kesiagaan tim serta simulasi untuk menyambut pengunjung dalam era tatanan baru terus dilakukan,” pungkasnya. (dil/b/fin)

Protokol kesehatan pendakian TNGGP :

1. Tidak melakukan kunjungan apabila menunjukkan gejala batuk/pilek

2. Menggunakan masker

3. Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

4. Menggunakan sarung tangan (jika memungkinkan)

5. Menjaga jarak antar pendaki

6. Menjaga etika batuk atau bersin

7. Wajib membawa surat sehat yang berlaku pada hari-H kegiatan pendakian

8. Menjalankan SOP pendakian

9. Mengisi 50 persen dari kapasitas tenda

10. Menjaga jarak antar tenda

11. Gunakan peralatan dan perlengkapan secara pribadi dan minimalisir penggunaan secara bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *