Izin Pemkot Bogor Buang Sampah di Galuga Diperpanjang

by -

METROPOLITAN – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, bersama Kepala Di­nas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto, menyambangi Tempat Pem­buangan Sampah (TPS) Ga­luga, Selasa (21/7). Bahkan, kunjungan tersebut dihadiri Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Orang nomor dua di Kota Hujan ini melihat kondisi lahan milik Pemkot Bogor seluas 40 hektare, namun baru digunakan untuk TPS sekitar sepertiganya. Rencananya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor dalam pengelo­laan dan pemberdayaan sampah di TPS Galuga.

”Kami punya lahan di sini sekitar 40 hektare dan baru sepertiganya kami gunakan untuk TPS. Rencananya sisa lahan ini kami gunakan un­tuk membuat zona inkubator bisnis pengelolaan sampah,” terang Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, kepada awak media.

Selain itu, pemkot juga be­rencana membuka lebar-lebar pintu bagi perusahaan yang berniat mengelola sampah. Bahkan, pihaknya akan me­nyiapkan paket khusus, di mana perusahaan yang hendak mengelola sampah di TPS Galuga tak perlu lagi mengu­rus izin dampak lingkungan.

Sementara itu, Wakil Bu­pati Iwan Setiawan dan Wa­kil Wali Kota Bogor Dedie A Rahim mengunjungi TPA Galuga di Desa Galuga, Ke­camatan Cibungbulang. Al­hasil, ada beberapa poin kerja sama yang bakal dire­visi dan disepakati kedua pemerintah daerah sebelum ditandatangani perpanjangan kontrak TPA Galuga. Di an­taranya keberadaan puske­smas harus berada di tengah Galuga, Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan Kom­pensasi Dampak Negatif (KDN). Termasuk pemkot menawarkan zona inkubator bisnis pengelolaan sampah. ”Kedatangan kita ke TPS Ga­luga untuk perpanjangan izin kerja sama antara kabupaten dan kota. Di mana dalam aturan kontraknya selama lima tahun,” ujar Iwan Setia­wan. Sebelum dilakukan perpanjangan izin, pihaknya sudah menggelar rapat in­ternal membahas persoalan hak dan kewajiban Pemkab Bogor kepada masyarakat sekitar TPA Galuga. (ogi/ ads/c/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *