Jabatan Sekda Kota Bogor Hari Ini Dilelang

by -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mulai menggelar lelang terbuka untuk jabatan tinggi pratama atau sekretaris daerah (sekda), usai Ade Sarip memasuki masa purnabakti pada Oktober 2020.

KEPALA Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor, Taufik, mengatakan, seleksi terbuka ini bisa diikuti seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bogor dan Pemprov Jabar dengan persyaratan yang te­lah ditentukan.

Di antaranya seperti pangkat atau golongan paling rendah Pembina Tingkat I (IV/b). Sekurang-kurangnya calon sekda ini telah menduduki dua Jabatan Pimpinan Ting­gi Pratama setara eselon II.b atau Jabatan Fungsional Ahli Madya hingga berusia 56 tahun saat dilantik.

”Jadi, saat Pak Sekda mema­suki masa purnabakti atau pensiun langsung ada pelan­tikan calon terpilih agar tidak ada kekosongan jabatan,” katanya saat ditemui Metro­politan di ruangannya.

Taufik menegaskan, pi­haknya mengikuti ketentuan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerin­tah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN. Sedangkan untuk melaksanakan open bidding harus menunggu rekomen­dasi Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

Taufik menegaskan, pro­sesi pendaftaran bakal dila­kukan secara online. Mulai dari syarat administratif hingga sejumlah persyaratan yang nanti perlu dikumpul­kan. ”Karena kondisi se­perti ini, jadi semua kita prioritaskan secara online,” ungkapnya.

Untuk komposisi Panitia Seleksi (Pansel), pihaknya melibatkan sejumlah unsur sesuai regulasi dan aturan yang berlaku. Mulai dari me­libatkan unsur aparatur sipil negara, pemerintahan, unsur profesional hingga unsur dari kalangan akademisi.

”Deputi Kementerian Pen­dayagunaan Aparatur Ne­gara dan Reformasi Biro­krasi (KemenPAN-RB), asi­sten Satu Provinsi Jawa Barat, direktur Pengembangan Kompetensi Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) hingga akademisi, seperti rektor Universitas Pakuan dan rektor IPB,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Formasi Data dan Kepangka­tan yang juga Plt Kabid Mu­tasi, Disiplin dan Kesejahte­raan pada BKPSDM Kota Bogor, Aries Hendardi, men­gatakan, pendaftaran mulai dibuka pada Rabu (29/7) hingga Jumat (21/8).

”Sementara untuk seleksi administrasi akan dilakukan pada 24 hingga 25 Agustus. Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi bakal dilaksanakan pada 26 Agustus. Ini rancangan jadwal yang sudah kita rumuskan. Tapi semua bisa berubah, meng­ingat kondisi seperti saat ini,” tukasnya. (ogi/c/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *