Komnas PA Peduli Anak-anak Buruh Cileungsi

by -

METROPOLITAN – Guna meringankan beban dan derita akibat dampak wabah Covid-19, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bersama Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan & Anak (TRC PPA) menggelar baksi sosial. Mereka menyalurkan seratus paket bantuan sembako kepada anak-anak buruh yang dirumahkan yang tergabung dalam Gerakan Sosial Buruh Indonesia (GSBI) di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, belum lama ini.

Penyaluran bantuan ini sekaligus dalam menyambut Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap 23 Juli. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, mengimbau masyarakat anggota Serikat Buruh GSBI yang dirumahkan akibat Covid-19 maupun masyarakat padat penduduk kurang mampu untuk tidak melakukan tindak kekerasan terhadap anak dalam bentuk apa pun. Covid-19 melanda di negeri ini tentunya berdampak pada perekonomian masyarakat, dengan demikian akan berdampak pula pada anak-anak. “Jangan anak menjadi korban kekerasan. Kewajiban kita sebagai orang tua wajib menjaga anak sebab anak mempunyai hak asasi dalam kehidupan dan patut dilindungi,” ujar Arist.

Sementara Dewan Konsultatif dan Pengawas Komnas Anak Roestin Illyas bersama Sekjen Komnas PA Dhanang Sasongko mengajak masyarakat mari bersama-sama melindungi dan menjaga anak. Jangan sampai anak menjadi pelampiasaan kemarahan orang tua. “Biarlah anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Jaga dan lindungi anak dari segala bentuk kekerasan, sekalipun dalam situasi Covid- 19,” harap Roestin. (war/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *