KTHW Kelola Pondokan Cimandala

by -

METROPOLITAN – Bebe­rapa bangunan dari kayu nampak berdiri di lahan mi­lik perhutani seluas 1 hek­tare. Ketua Kelompok Tani Hutan Wisata (KTHW) Desa Batulayang, Sudirman, menu­turkan, pondokan di Desa Batulayang itu telah dikomer­silkan. ”Kami KTWH bersama-sama mengelola kawasan wisata Bukit Cimandala be­kerja sama dengan perhutani dengan sistem bagi hasil,” ungkapnya.

Ada pun terkait pondokan yang dibangun, sambung dia, ada beberapa aturan yang harus dipenuhi. Salah satunya tidak boleh memakai tembok permanen. ”Kami mendapat SK dari program pengakuan dan perlindungan kemitraan kehutanan (KULIN KK) yang diluncurkan di era Pak Jo­kowi,” terangnya.

Menurutnya, semua itu ma­suk program desa wisata yang selama ini mendapat ban­tuan dari Pemerintah Desa Batulayang berupa pembangu­nan kantor kesekretariatan dan bantuan Provinsi Jawa Barat sebesar Rp1,5 miliar.

”Tapi sayangnya semua ban­tuan itu baru diterima dari Desa Batulayang berupa pembangunan kantor kese­kretariatan. Sementara ban­tuan provinsi dan bupati belum diterima karena ma­salah Covid-19,” pungkasnya.(ash/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *