Kualitas Hewan Kurban Mahir Farm Dijamin Aman

by -

METROPOLITAN – Keha­diran Mahir Farm sebagai sentra penggemukan domba dan kambing bisa memberi­kan kemudahan dalam pe­milihan hewan berkualitas.

Bahkan, sentra penggemu­kan di Kampung Kawungluwuk, Desa Cijeruk, Kecamatan Ci­jeruk, Kabupaten Bogor ini bisa dianggap sebagai mitra kredibel dalam memenuhi standar spesifikasi hewan kurban sesuai yang dianjurkan pemerintah dan syariat agama.

Selama 15 tahun, Mahir Farm mampu meyakinkan para pelanggan dalam menetapkan standar yang telah ditetapkan. Ini demi memenuhi mitra-mitranya agar tercapai pe­menuhan kepuasan pelanggan.

Tak heran kehadirannya bisa menarik semangat pe­ternak warga lokal, khususnya di wilayah pedesaan di Kabu­paten Bogor. Ini untuk meng­genjot produksi penggemukan domba maupun kambing sebagai komoditas andalan­nya.

Manajemen Officer Mahir Farm, Dany, mengatakan, bisnis penggemukan dan jual beli domba kambing saat ini cukup menjanjikan. Apa­lagi pakan ternaknya sudah semakin variatif dan memu­dahkan peternak dalam men­jalankan usaha penggemukan atau penjualan domba dan kambing hidup, terutama untuk ibadah kurban.

”Mahir Farm menjadi salah satu pusat dari petani sekitar yang menjadi rekanan untuk diambil hewannya. Sekaligus kita serap baik sebagai bahan bakaran penggemukan mau­pun saat kita memiliki order. Jadi kita ambil dari mitra yang kemudian nantinya kita dist­ribusikan penjualannya juga,” ungkap Dany.

Mekanisme pendistribusian­nya, kata Dany, terlebih da­hulu para mitra diminta mela­kukan proses pemeliharaan. Setelah masa panen maka akan dilakukan penimbangan serta pengambilan domba dan kambing tersebut.

”Kalau soal penjualannya cenderung pada sistem per kilogram. Ini dilakukan agar tidak terdapat selisih antara penjual dan pembeli, terma­suk tidak ada lagi taksiran kira-kira berapa harga satu ekornya. Makanya penjualan­nya berdasarkan ukuran harga pasti, yakni kilogram,” tegasnya.

Soal kualitas di Mahir Farm bisa dijamin aman, karena langsung diambil dari peterna­kan yang dipelihara sendiri. Begitu juga kesehatannya yang selalu dijaga serta dilakukan pengecekan sampling dari Dinas Peternakan.

”Kami pastikan hewan-hewan di sini benar-benar fresh, karena tidak lagi dipa­jang di jalan. Fasilitas dan pakannya terjamin, termasuk saat dipotong atau penyem­belihan, sehingga ketika diki­rim pada konsumen tetap dalam kondisi baik,” ujarnya.

Jenis domba dan kambing yang ditawarkannya sangat beragam, di antaranya dom­ba garut, priangan serta dugul atau domba ekor tipis dan gemuk yang sering dikenal masyarakat sebagai domba gibas. Kambingnya ada kam­bing Jawa, Sanen, PE, Alfin.

”Unggulan adalah kambing Merino yang kita kembangkan di Mahir Farm. Intinya, kita memberikan kemudahan dalam penjualan maupun pembelian. Salah satunya dengan cara dijual per kilo­gram. Di sisi lain, kita juga memberi kepastian harga. Artinya, pembeli bisa melihat dulu. Kalau cocok dapat me­nawar harga,” terangnya.

Sejauh ini pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan pihak terkait, baik pemerin­tah, swasta maupun yayasan. Kerja sama tersebut merupa­kan komitmen dalam pen­jualan ternak domba maupun kambing berkualitas dan halal.

Karena itu, pihaknya bakal terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, saat ini yang sudah kerja sama dengan Mahir Farm salah satunya Prodombas PINBAS MUI.

Mereka akan menggelar kurban akbar. Kurban akbar ini sebagai bentuk transpa­ransi terhadap konsumen saat hewan yang dipesannya se­suai bobot yang dikirimkan. Termasuk melakukan perbai­kan tata laksana kurban yang saat ini sering melihat pemo­tongan antara sedang dipotong dan belum dipotong. Padahal, dalam sunahnya dijelaskan perlakukanlah hewan kurban dengan baik. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *